BERITA TERKINI

Pelantikan Pengurus UKM Pramuka IAIN Surakarta 2015

SINAR - Tepat pukul 14.30 WIB pada Jumat (9/1) bertempat di Aula Pascasarjana lantai 4, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta  sekaligus Kamabigus IAIN Surakarta, Kak Imam Sukardi melantik Pengurus UKM Pramuka Racana Raden Mas Said-NyiAgeng Serang IAIN Surakarta masa bakti 2015.

Sertijab dan pelantikan diawali prosesi Upacara Adat yang dipimpin oleh Pemangku Adat. Setelah itu Ketua Dewan Racana (KDR) memimpin Ikrar Pengurus masa bakti 2015. KDR masa bakti 2014, Kak Miftahudin Dwi Saputra dan Intan Nuria Tri Hartini menyerahkan jabatannya secara simbolis kepada KDR masa bakti 2015, Kak Muhammad Aqdam Atsbiyarsa Mahi dan Kak Iffah Mutmainah. Kak Siti Na’imah menggantikan Kak Yulia Musyrifa sebagai Pemangku Adat mendampingi Kak Ghulam Abdur Rahman.

Dalam sambutannya, Kamabigus IAIN Surakarta berpesan kepada pengurus baru untuk senantiasa bertanggung jawab baik kepada diri sendiri, teman dan kepada Allah SWT serta mengucapkan terima kasih kepada pengurus 2014 atas darma baktinya. Hal tersebut senada dengan sambutan KDR masa bakti 2014 dan KDR masa bakti 2015. Sertijab dan pelantikan ini dilaksanakan secara terbuka disaksikan oleh delegasi Racana se-eks Karesidenan Surakarta, IAIN Salatiga, BEM IAIN Surakarta dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Acara diakhiri dengan prosesi Upacara Adat penutupan yang menandai berakhirnya kegiatan sertijab dan pelantikan.

Selamat kepada Pengurus masa bakti 2015.

Terimakasih kepada Pengurus masa bakti 2014
Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan
Salam Pramuka !!!

(Iffah)

AddThis Social Bookmark Button

Komunitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia Gelar Seminar Gerakan Cinta Rupiah

Aku Cinta Rupiah, biar Dolar Dimana-mana

Aku Cinta Rupiah, biar Dolar Merajalela…

SINAR-Kamis (8/1) bertempat di Aula Gedung. Pascasarjana Lantai 4 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia IAIN Surakarta menggelar seminar yang bertajuk “Easy Pay with Card, because We Love Rupiah”. Kegiatan yang diprakasai oleh Bank Indonesia ini dihadiri 150 peserta yang berasal dari mahasiswa IAIN Surakarta dan delegasi penerima beasiswa Bank Indonesia UNS.

Diawal sambutannya, Rektor IAIN Surakarta, Dr. H. Imam Sukardi menyanyikan lagu berjudul Aku Cinta Rupiah yang dipopulerkan oleh Cindy Cinora, sebuah lagu yang populer pada tahun 1997-1998 ini menjadi salah satu lagu yang menjadi jargon untuk mengajak masyarakat luas untuk mencintai mata uang rupiah yang kala itu nilai tukarnya terhadap mata uang dolar sedang terpuruk.

Rektor berharap dengan adanya seminar ini akan ada pesan moral yang dapat disampaikan oleh pemateri sehingga hasilnya nanti dapat diteruskan oleh para mahasiswa ketika terjun langsung di masyarakat nantinya. Keberadaan mata uang rupiah perlu kita hargai dengan maksimal dalam segala aktivitas perekonomian, mengingat pada tahun ini di kawasan ASEAN akan diberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean sehingga langkah tersebut perlu dilakukan untuk menjaga kedaulatan perekonomian Indonesia. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang transaksi di Indonesia, tegasnya.

Sementara itu Nur Hidayah, ketua Komunitas Penerima Beasiswa BI IAIN Surakarta menyatakan bahwa tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap mata uang rupiah. Dengan gerakan cinta rupiah kita berharap nilai tukar mata uang rupiah yang saat ini melemah dapat kembali menguat kembali, imbuh mahasiswi semester 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN ini. (Mahendra)

 

AddThis Social Bookmark Button

Upaya FEBI Menciptakan Manajer Muda Yang Komunikatif

SINAR - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Syariah (MJS)  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan Training Komunikasi Bisnis dengan tema “Mengekpresikan Diri Melalui Potensi yang Dimiliki Menuju Manajer Sejati” yang merupakan Proker Bidang Public Relation, Sabtu (22/11). Acara ini diselenggarakan di gedung Pascasarjana lantai 4 IAIN Surakarta.

Acara ini dihadiri sekitar 216 mahasiswa, yang terdiri dari 200 mahasiswa jurusan Manajemen Syariah (MJS) dan 16 mahasiswa dari jurusan Akuntansi Syariah (AKS) dan Perbankan Syariah (PBS). Dalam acara ini dihadiri dan dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Drs. Basuki Rahardjo, MS yang dalam sambutanya menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan bagus guna menciptakan manajer-manajer muda yang mengetahui komunikasi dan negosiasi secara benar. “Tujuan dari kegiatan ini bagus untuk menciptakan para manajer muda yang mengetahui ilmu komunikasi dan negosiasi dengan benar,” tuturnya.

“Acara ini diselenggarakan guna menumbuhkan karakteristik mahasiswa dibidang Public Speaking agar lebih mengetahui strategi negosiasi dan konsilidasi nanti disaat jadi manajer,” kata Burhan selaku ketua kegiatan.

Materi yang disampaikan Sugiman, selaku pembicara tunggal dalam training tersebut sangat menarik, hal itu dikarena beliau sudah berkecimpung dalam dunia manajerial selama 4 tahun di bidang perhotelan. Dalam materinya beliau menerangkan bahwa komunikasi mempunyai peran penting di dunia kerja. Beliau juga menerangkan bagaimana strategi komunikasi  yang baik di dunia kerja. Ditengah-tengah penyampaian materinya beliau selalu menyisipkan games agar mahasiswa lebih aktif dan semangat dalam mengikuti training. (Kevin)

AddThis Social Bookmark Button

IAIN Surakarta Menuju Good University Governance

SINAR - Menjadi Good University Governance adalah hal yang tidak mudah untuk dilakukan, tetapi hal tersebut juga tidak sulit untuk diwujudkan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta yang dalam perkembangannya terus berbenah diri untuk terus menjadi lebih baik. Pembenahan dalam hal penataan dan tata kelola serta pengembangan institusi menjadi perhatian khusus. Perlu adanya sebuah sistem yang berfungsi untuk mengawal dan memberi arahan yang konkret untuk setiap kebijakan-kebijakan pimpinan institusi. Dan pada akhirnya Sistem Pengawasan Internal (SPI) dirasa sangat diperlukan dan diterapkan guna menuju institusi yang sehat dan bersih dalam berbagai bidang di dalamnya.

SPI adalah organ pengawasan internal yang memiliki tugas melaksanakan pengawasan, pengendalian, evaluasi dan audit di bidang keuangan dan kinerja universitas. Integritas profesional, independensi, objektif, komitmen, dan risk taker adalah menjadi karakteristik dari satuan ini.

Hal tersebut diutarakan Drs. Hamid Cebba, MBA., CPA, CA., Kepala SPI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam Seminar Nasional dengan tema “Membangun Good University Governance Melalui Penerapan Sistem Pengawasan Internal (SPI)”, Rabu-Kamis (26-27/11), di Lor In Syariah Hotel Surakarta.

Sementara itu urgensi dari SPI dalam implementasinya di PTAIN yakni, membangun akuntabilitas dan profesionalisme kinerja, membantu dalam pencapaian rencana strategis lembaga dan rencana prioritas pimpinan, memberikan pendampingan dan pengawasan pelaksanaan anggaran, mendorong ketaatan pada aturan dan undang-undang yang berlaku, mendeteksi terjadinya kesalahan (mismanagement), dan penyelewengan (fraud) dalam pelaksanaan aktivitas lembaga, serta membantu pengamanan aset terkait terjadinya kecurangan, pemborosan, dan salah penggunaan yang tidak sesuai tujuan, terang Satriyan Abd. Rahman selaku Kepala Biro AUAK IAIN Surakarta.

Satriyan menambahkan ada empat hal yang menjadi tupoksi dari SPI, yakni: (1) Pendampingan, membantu dalam pendampingan baik dalam pelaksanaan kegiatan maupun saat dilakukan audit eksternal, (2) Supervisi, memberikan pengawasan pelaksanaan aktivitas kegiatan dan memberikan masukan bila terjadi kesalahan subtantif maupun administratif, (3) Review, melaksanakan review atas laporan kegiatan dan dokumen-dokumen keuangan dan administrasi lainnya, (4) Bim-Tek, memberikan bimbingan teknis dalam hal pelaporan dan pelaksanaan teknis kegiatan. (Mahendra)

AddThis Social Bookmark Button

TRANSLATION

Indonesian Arabic English

BERITA TERKINI

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

ARSIPAN IAIN SURAKARTA