BERITA TERKINI

841 Mahasiswa IAIN Surakarta Mengikuti Kuliah Kerja Nyata Transformatif Posdaya Berbasis Masjid (KKNT-PBM)

Sukoharjo - Rektor IAIN Surakarta – Dr. Imam Sukardi membuka secara resmi kegiatan Kuliah Kerja Nyata Transformatif Posdaya Berbasis Masjid (KKNT-PBM) pada Senin (21/4) bertempat di gedung Graha IAIN Surakarta.

Pembukaan ini dihadiri oleh seluruh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), fasilitator dan seluruh pimpinan dan staf Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). “Semoga lancar, tidak ada kendala berarti, tidak sakit di lokasi KKN. Semoga pengalaman KKN ini membawa manfaat dan berkah untuk semua,” pesan dan harapan  Rektor IAIN Sutrakarta disampaikan di hadapan 841 mahasiswa tingkat akhir.

Pembukaan ini akan diiringi langsung dengan pembekalan materi hingga Sabtu (26/4). “Hari ini seluruh mahasiswa akan dibekali materi tentang konsep posdaya. Karena jumlah peserta terlalu bnyak, maka akan kami bagi di tiga gedung. Kecamatan Simo di gedung Pascasarjana dengan pemateri Muh. Julijanto dan Dr. Muh. Nashiruddin. Kecamatan Nogosari di Gedung Futsal dengan pemateri Mohmammad Bisri, M. Pd dan Aris Widodo, M.A sedangkan Kecamatan Sambi bersama saya dan Susilo Surahman, M.Pd di gedung Graha,” jelas Waryunah Irmawati, M.Hum.

“Peserta KKNT-PBM ini terdiri dari 276 mahasiswa dan 565 mahasiswi yang akan dibagi menjadi 84 kelompok,” kata Moh. Bisri, M.Pd selaku ketua panitia KKNT-PBM 2014. (yin)

AddThis Social Bookmark Button

Smart LDK IAIN SURAKARTA

Sejak Rabu (16/4) kemarin, LDK (Lembaga Dakwah Kampus) IAIN Surakarta mengadakan acara beruntutan yang dinamai dengan SMART (Semarak Mahasiswa IAIN Surkarta). Acara ini bertujuan untuk menyambut pra musyang (musyawarah anggota) yang sepekan lagi akan dilaksanakan. Serentetan kegiatan dari hari Rabu hingga Ahad dilaksanakan, mulai dari lomba, talkshow, pemilihan calon ketua LDK, kerjabakti masjid, baksos, debat calon ketua dan safari home.

Bermula dari agenda hari Rabu, lomba Da’i/Da’iyah bertempat di gedung baru dan MTQ masjid Bukhari. Sebanyak tiga puluh mahasiswa berantusias dan bersaing dalam ajang lomba yang dilaksanakan pada pukul 9.00-12.00 WIB. Pada hari Kamis, LDK menggelar talkshow dengan tema “Pemuda Inspirasi Peradaban Islam” dan pembicara oleh Bp.Mudhofir Abdullah selaku  Wakil Rektor I yang disaksikan sekitar 60 mahasiswa. Talkshow tersebut juga dihadiri oleh Bp. Syakirin selaku pembina LDK dalam rangka peresmian GPS (Gerakan Peduli Sesama) Robbani. Selain itu juga diadakan penggalangan dana yang akan diberikan kepada masyarakat sekitar kampus sebagai agenda bakti sosial meliputi desa Pucangan RT 3/XIIdan Krapyak RT 1/IX.

LDK melaksanakan kegiatan kerja bakti masjid Bukhari kampus pada Jum’at (18/4) yang dilanjutkan dengan pembagian bakti sosial kepada masyarakat desa dengan diantarkan dari rumah ke rumah. Untuk hari Sabtu diadakan temu alumni LDK disertai debat 10 besar calon ketua umum. “Mereka diharuskan membuat visi & misi yang  didebatkan di hari Sabtu,” tutur Fitri Wulandari selaku korwat danus LDK. Sebagai acara penutup pada hari Ahad dilaksanakan safari home ke tempat Ketua Umum, yakni Wahyu Abdul Jalil yang bertempat tinggal di daerah Wonogiri. (Fitria)

AddThis Social Bookmark Button

Teater Sirat Menggelar Parade Monolog

Sukoharjo – Dalam rangka mempersiapkan diri di ajang seleksi Peksimida (Pekan Seni Daerah) tingkat perguruan tinggi, mahasiswa aktivis teater yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Sirat akan menggelar Parade Monolog pada Senin (21/4) sampai Rabu (23/4) pukul 19.30 WIB yang bertempat di Gedung Student Center (SC) lantai 1.

Akan ada 12 judul yang akan ditampilkan malam nanti oleh 12 orang yang berdurasi 10-15 setiap judulnya. Judul monolog tersebut diantararanya adalah Prodo Imitatio, Aeng, Dua Cinta, Rumah dan Tetesan, Anzing, Ibu yang Anaknya Diculik itu, Racun Tembakau, Tolong, Balada Sumarah, dan Demokrasi.

“Kami mengundang teater-teater dari universitas sebelah. Teater Tukul, Gadang, Peron, Tesa dari Universitas Sebelas Maret. Teater Lugu, Ngirit, Kidung, Wejang dari Universitas Muhammadiyah Surakarta. Teater Teras dari Universitas Veteran Sukoharjo. Teater Soekamto dan Cekal  dari Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Teater dari Politama dan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo,” papar Adnan, Ketua UKM Sirat.

Adnan Khoirul Fadli juga mengatakan bahwa dia akan tampil pada malam terakhir, Rabu (23/4) dengan monolog berjudul Demokrasi karangan Putu Wijaya. “Saya akan berperan menjadi ketua RT yang mengartikan demokrasi sebagai – yang punya uang yang menang,” pungkas Adnan sambil tertawa. (yin)

AddThis Social Bookmark Button

UKM Racana Mengadakan LK2PP Ke-IX Se-Eks Karesidenan Surakarta 2014

Surakarta – Lomba Kecerdasan dan Ketangkasan Pramuka Penggalang Penegak (LK2PP) Ke-IX Se-Eks Karesidenan Surakarta 2014 digelar kembali oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana IAIN Surakarta yang berlokasi di Lapangan IAIN Surakarta.

Kegiatan perkemahan ini mengusung tema Prasaja Ing Purba Wisata, Jer Basuki Mawa Bea yang artinya setiap tindakan membutuhkan pengorbanan. Perlombaan ini dimaksudkan untuk mengembangkan rasa kebersamaan dalam bersosialisasi antar anggota Pramuka Penggalang dan Penegak.

Perkemahan diikuti oleh 41 regu, yakni Penggalang Putra 5 regu, Penggalang Putri 10 regu, Penegak Putra 14 regu, dan Penegak Putri 12 regu.  Secara keseluruhan 410 siswa berpartisipasi dalam kegiatan LK2PP. Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi yaitu Rabu(16/4) – Kamis (17/4) untuk golongan Penggalang dan Sabtu (19/4) - Ahad (19/4) untuk golongan Penegak. LK2PP dibuka secara resmi oleh Kak Riptono (pembina UKM Racana) pada Rabu (16/4) pukul 08.00 WIB.

Sekretaris LK2PP, Ranaswara mengatakan bahwa ada banyak kategori lomba yang sudah disiapkan untuk adik-adik penegak dan penggalang. Diantaranya adalah lomba hasta karya, festival seni, tali temali (Pioneering), Lomba Cerdas Cermat (LCC), Teknik Kepramukaan (TEKPRAM), PBB Tongkat , dan Senam Semaphore.

LK2PP 2014 yang diketuai oleh Nasihan Amalul Ahli diharapkan mampu meningkatkan dan menumbuh kembangkan rasa persaudaraan diantara sesama anggota Pramuka khususnya dan masyarakat pada umumnya. (yin)

AddThis Social Bookmark Button

TRANSLATION

Indonesian Arabic English

BERITA TERKINI

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

ARSIPAN IAIN SURAKARTA