BERITA TERKINI

Semangat Wirausaha Untuk Membangun Bangsa

SINAR - Selasa (28/10) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) melalui BEM FEBI bersinergi dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi Syariah, Perbankan Syariah, Managemen Syariah, Forum Ekonomi Syariah  (FRESH) dan Program Asistensi Kepribadian dan Keagamaan Islami (PAKKIS) mengadakan workshop kewirausahaan. Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang 100 mahasiswa FEBI semester 1 dan semester 3, bertempat di gedung Pascasarjana lantai 4.

Workhsop ini menghadirkan fasilitator dan pembicara dari Dosen FEBI yaitu Awan Kostrad Diharto, SE, M.Ag. dan Drs. Budi Utomo.  “Mahasiswa seharusnya bisa mengaplikasikan ilmu teori tentang yang sudah diajarkan sehingga mampu menjadi seorang enterpreneur Islam untuk bisa menjadi pelopor dan agetn of change sehingga Indonesia mampu bersaing di MEA 2015,” pesan Dekan FEBI, Drs.H. Sri Walyoto M.M.,Ph.D.

Ketua panitia, Prasintho Fridholin Sunandito menyampaikan harapanya dengan acara workshop ini mahasiswa mampu memiliki jiwa kewirausahaan supaya bisa menjadi seorang wirausaha yang Islami. Untuk membangun  peradaban Indonesia yang baru.

Kegiatan ini mengusung tema “Yang Muda Yang Menggucang Dunia, Semangat Wirausaha untuk Membangun Bangsa”. Workshop yang diselenggarakansecara gratis ini diharapkan mampu membuat mahasiswa menjadi terlatih dan mulai tertarik untuk berwirausaha. (bemfebi)

AddThis Social Bookmark Button

BEM FITK Menggelar Workshop Kewirausahaan

SINAR-Kamis (13/11) di Aula Gedung Pascasarjana lantai 4 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan  (FITK) menggelar kegiatan workshop kewirausahaan dengan tema “Creative and Social Entrepeneur”. Sebagai pembicara dalam workshop ini yaitu Drs. H. Rohmat, M. Pd, Ph. D (LP2K), H. Abu Choir, M.A (Dosen FITK), dan Masykur Hasim, S.E.I (Entrepenuer Muda).

M. Shodiq Nur Anshori selaku Presiden BEM FITK menyampaikan bahwa Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pembekalan dan motivasi bagi mahasiswa/i FITK yang mana kedepannya dapat menjadi alternatif pilihan dalam bekerja ketika telah lulus nanti. “Mahasiswa FITK memang lekat dengan dunia pendidikan dan tenaga pendidik (guru), namun tidak ada salahnya jiwa wirausaha dan wiraswasta mulai sekarang ditanamkan untuk bekal dimasa mendatang,” jelas Anshori.

Workshop ini diawali dengan kajian pengantar kewirausahaan (sebuah pendekatan teoritik), kemudian dilanjutkan dengan implementasi kewirausahaan (sebuah pendekatan praktik), dan ditutup dengan sharing mengenai kisah sukses enterpreneur muda sebagai motivasi bagi para calon wirausaha muda untuk mempunyai keyakinan bahwa dengan menjadi wirausahawan juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk masa depan. (Mahendra)

AddThis Social Bookmark Button

Penulisan Dan Penerbitan Adalah Simbol Kualitas Akademik

SINAR – Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan acara pengembangan soft skill yang berbentuk pelatihan dan penulisan, Selasa (11/11).

Bertempat di RM. Taman Sari, 48 mahasiswa yang menjadi peserta pelatihan ini antusias untuk sharing kepada pembicara yang merupakan Direktur LKIS, Ahmad Fikri. Mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa FUD, dari empat jurusan dan hampir semuanya sudah menulis dan menerbitkan karya.

Dr. Syamsul Bakri, selaku Wakil Dekan III FUD sekaligus ketua panitia, saat ditemui setelah kegiatan berakhir mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini adalah wujud pendampingan untuk mahasiswa agar mahasiswa memiliki kemampuan pada bidang tulis menulis dan penerbitan.

Menulis dan menerbitkan adalah suatu hal yang sangat penting dikarenakan merupakan sebuah simbol budaya, peradaban dan kualitas akademik.

“Menulis dan menerbitkan merupakan simbol dari budaya, masyarakat berbudaya, masyarakat yang beradab serta simbol dari kualitas akademik karena sebuah budaya peradaban dapat diukur melalui kualitas penulisan dan penerbitan. Kami akan fokus pada buku-buku populer dan tentunya dana dari fakultas akan terus kami alirkan ke HMJ yang fokus pada pers,” tutur Syamsul.

Bentuk dari pelatihan ini adalah dialog dan sharing antara pembicara dan peserta, dikarenakan para mahasiswa ini bukanlah mahasiswa yang tanpa bekal. Mereka adalah mahasiswa yang sudah mempunyai basic penulisan dan berminat pada dunia penulisan dan penerbitan. (yin)

AddThis Social Bookmark Button

Talk Show IAIN Surakarta Membaca: Andy F Noya: “Buku Sumber Inspirasi Semua Orang”

SINAR - Andy F Noya, presenter acara KICK ANDY di Metro TV, berkesempatan hadir sebagai pemandu acara dalam event Talk Show IAIN Surakarta Membaca yang bertajuk “Membaca Sebagai Gaya Hidup”, Kamis (6/11). Bertempat di Auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Andy F Noya yang didaulat oleh Perpustakaan Pusat Indonesia sebagai Duta Baca datang dengan membawa sahabat duta baca yakni Eko Ramaditya Adikara sebagai nara sumber untuk berbagi kisah dan memotivasi pada seluruh peserta yang hadir dalam event Talk Show tersebut.

Eko Ramaditya Adikara yang lebih familiar dengan nama Rama ini adalah penyandang tuna netra dan pernah terbelit kasus pembohongan publik ini akhirnya dapat move on dari keterbatasan dan masalah yang membelitnya di masa lalu. Rama sekarang berbeda dengan Rama yang dahulu, dengan keterbatasan yang dia miliki dia mampu untuk bangkit dan berprestasi. Rama mampu menelurkan buku yang berjudul “Blind Power”, dan Novel remaja yang berjudul “Mata ke Dua dan Hati ke Dua”.

“Keterbatasan yang Rama miliki tidak menjadikan Rama sebagai sosok yang lemah dan pasrah akan keadaan. Bahwa sesungguhnya manusia tidak memiliki kekurangan dan kelebihan, yang ada adalah kemampuan yang telah diberikan Tuhan. Tergantung dari seseorang yang menyikapi kemampuan tersebut apakah akan menjadikannya sebagai sebuah kekurangan atau kelebihan”, ungkap Andy.

Andy F Noya sengaja mengajak Rama untuk berkolaborasi dalam event ini dengan maksud bahwa akan tumbuh minat mahasiswa dan seluruh peserta yang hadir dalam talk show ini untuk membaca. Dengan membaca kita bisa tahu segalanya yang kita butuhkan dan menjadi sumber inspirasi bagi setiap orang. Berkaca pada sosok Rama yang mempunyai kekurangan dalam penglihatannya namun mampu menghasilkan sebuah karya yang luar biasa. Jika kita membaca dengan menggunakan mata, maka dia membaca dengan mendengar.

Rektor IAIN Surakarta, Dr. H. Imam Sukardi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sudah menjadi kewajiban kita semua untuk gemar membaca. Karena ada ungkapan “The Man Himself is The Book He Reads” (Seseorang tergantung pada buku yang dibaca), artinya ketika kita banyak membaca maka banyak pula pengetahuan yang diperoleh, sehingga nantinya dapat diterapkan untuk hal-hal yang positif.

Beliau menambahkan dengan membaca kebudayaan, peradaban, dan teknologi semakin lama semakin meningkat. Bacalah apa yang kita lihat dan lihatlah apa yang dibaca. (Mahendra)

AddThis Social Bookmark Button

TRANSLATION

Indonesian Arabic English

BERITA TERKINI

Islam dan Masa Depan Ekologi
Semangat Wirausaha Untuk Membangun Bangsa
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

ARSIPAN IAIN SURAKARTA