BERITA TERKINI

Kunjungan GPBB Singapura ke IAIN Surakarta

SINAR – Rombongan Gereja Presbyterian Bukit Batok (GPBB) Singapura mengunjungi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta pada Jumat (8/8) pukul 14.00 WIB. Kunjungan ini dalam rangka membangun hubungan kerjasama antar agama, gereja, IAIN Surakarta, dan pondok pesantren.

Rombongan GPBB yang berjumlah 12 orang diketuai oleh Paulus Hartono selaku pengurus organisasi pemuda Tim Peace Work Camp, Singapura yang berada di bawah kepengurusan GPBB. Para pemuda tersebut mempunyai empat agenda saat di Indonesia. Pertama, tinggal di pondok Al Muayyad untuk mengenal dan merasakan langsung kehidupan santri di pondok pesantren. Kedua, dialog pluralis solidaritas dengan masyarakat dengan merenovasi lima rumah di daerah Sangkrah. Ketiga, program pemberdayaan enterpreneurship bersama ibu-ibu pedagang pasar Gilingan dan keempat kunjungan ke IAIN Surakarta.

Ini bukan kunjungan pertama bagi Paulus ke IAIN Surakarta. Pada tahun 2012 dia sudah pernah berkunjung dalam rangka dialog tentang Islam dan Kristen. “Yang membuat saya bangga adalah Solo ini merupakan kota perdamaian antar agama. Jika ingin belajar tentang perdamaian agama maka harus berkunjung ke Solo dan IAIN Surakarta,” kata Paulus dalam sambutan kunjungan.

“Kami berharap akan ada sustainability (kerjasama berkelanjutan) dengan IAIN Surakarta. Misalnya di sini ada laboratorium bahasa Inggris, maka kami bisa menjadi sukarelawan tenaga ajar. Selain itu kami sangat berharap kegiatan ini dapat membawa perdamaian di Asia,” pungkas Paulus.

Sementar itu Dr. Imam Sukardi, rektor IAIN Surakarta, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih banyak kepada Tim Peace Work Camp, Singapura atas kunjungannya. Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa di IAIN Surakarta agama menjadi landasan utama untuk melangkah. Selain itu Imam menambahkan bahwa ada tiga value yang dikembangkan, yakni religiosity, civility dan modernity.

Kunjungan GPBB Singapura diakhiri dengan kunjungan di UPT Perpustakaan IAIN Surakarta dan penanaman beberapa pohon sebagai simbol perdamaian antara IAIN Surakarta dan GPBB.(yin)

AddThis Social Bookmark Button

789 Mahasiswa FITK Melaksanakan PPL

SINAR – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan Pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) untuk 789 mahasiswa semester 7, di gedung Graha IAIN Surakarta, Rabu (6/8).

Dr. H. Giyoto, selaku Dekan FITK dalam sambutannya menyatakan bahwa FITK bertujuan untuk menyiapkan guru profesional dengan memiliki nilai dan sikap serta pengetahuan berketerampilan sebagai tenaga pendidikan yang cakap dalam kependidikan, berakidah kuat dan berakhlak mulia. “Kegiatan praktek mengajar dan praktek persekolahan dilakukan dalam rangka pembentukan tenaga kependidikan professional,” terang Giyoto.

PPL merupakan salah satu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh FITK IAIN Surakarta bekerjasama dengan madrasah dan sekolah di wilayah eks karesidenan Surakarta. PPL mencakup tugas-tugas kependidikan baik berupa praktek mengajar dan atau kegiatan administrasi yang lain yang biasa disebut sebagai praktek persekolahan.

Herri Gunawan, M. Pd. I selaku salah satu staf akademik FITK memberi keterangan bahwa  tahun ini ada 789 mahasiswa yang akan ditugaskan untuk PPL. Mereka dibagi di 35 sekolah (MTs, MA, SMP, dan SMA) yang tersebar di wilayah eks karesidenan Surakarta. Mereka merupakan mahasiswa dari jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), dan Sastra Inggris.

“Penyerahan PPL ke sekolah akan berlangsung mulai Senin (11/8) dan pelaksanaan hingga 2 bulan ke depan,” tambah Herri.

Pemateri pada pembekalan kali ini diisi oleh Dr. Purwanto dan Noor Alwiyah, M.Pd. Materi pembekalan terkait dengan kurikulum 2013 dan kegiatan praktek mengajar dan non-mengajar (teaching dan non-teaching). “Salah satu tujuan dari pembekalan ini adalah agar para calon guru ini tidak ”nggumunan” (baca : asing) saat di sekolah. Sekaligus untuk menambah berbagai wawasan ilmu keguruan,” kata Noor Alwiyah. (yin)

AddThis Social Bookmark Button

IAIN Surakarta Mempersiapkan Diri Untuk AIPT

SINAR – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan workshop pengisian borang AIPT (Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi), Selasa (5/8) bertempat di gedung Pascasarjana lantai 4.

Workshop tersebut terdiri dari dua agenda yakni penyelarasan isi borang AIPT (5/8) dan finalisasi workshop pengisian borang AIPT (6/8) dengan mendatangkan Prof. Dr. Joko Nur Kamto selaku koordinator tim akreditasi Universitas Sebelas Maret (UNS).

Dr. Giyoto, Ketua tim pelaksana akreditasi, dalam sambutannya menghimbau kepada peserta agar tim menyiapkan segala bukti fisik untuk persiapan visitasi akreditasi dari BANPT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) kelak.

Sedangkan Dr. Imam Sukardi selaku Rektor IAIN Surakarta mengingatkan kembali bahwa yang akan bertemu dengan assessor secara langsung adalah para pimpinan dan pembantunya. Imam juga menyampaikan beberapa tips yang beliau dapat dari Warek Akademik UIN Alaudin Makasar bahwa yang terpenting untuk mendapatkan nilai yang tinggi pada akreditasi adalah ketepatan pada pengisian borang. Sangat diharapkan isi borang benar-benar sesuai dengan kenyataan yang ada. Beliau sangat berharap agar di IAIN Surakarta mulai lebih tertib administrasi dan tupoksi, selain itu juga selalu menyediakan hard copi untuk setiap dokumen karena akan menjadi acuan pimpinan-pimpinan selanjutnya.

Dalam finalisasi workshop pengisian borang AIPT, Rabu (6/8), Prof. Dr. Joko Nur Kamto menyampaikan prinsip utama agar akreditasi tidak dipersulit yakni harus ada barang dari apa yang ditulis dan bagaimana kita menuliskannya pada borang. Sedangkan prinsip BANPT yaitu tulislah apa yang anda lakukan dan lakukanlah apa yang anda tulis. Sesederhana itu.  (yin)

AddThis Social Bookmark Button

Ratusan Mahasiswa IAIN Surakarta Aksi Peduli Palestina

SINAR - Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengggelar aksi solidaritas peduli Gaza, Palestina, Selasa, (15/7), di Bundaran Kartasura. Kegiatan peduli Gaza ini merupakan salah satu bentuk rasa simpati mahasiswa IAIN Surakarta terhadap serangan tentara Israel ke warga Gaza, Palestina yang telah menewaskan ratusan warga sipil Gaza. Kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa lembaga di kampus yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IAIN Surakarta, BEM Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi Syariah, HMJ Perbankan Syariah, HMJ Manajemen Syariah, Komunitas Ikatan Seribu Pena IAIN Surakarta (ISIS), Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), Gerakan Peduli Sosial Lembaga Dakwah Kampus (GPS LDK), Lembaga Semi Otonom (LSO) MSC, LSO FORDISTA, Kegiatan Mahasiswa Fakakultas Syariah Riset dan Jurnalistik dan lain sebagainya. Massa yang bergabung dalam kegiatan aksi peduli Gaza sekitar seratus mahasiswa yang tergabung dalam alisiansi Mahasiswa Muslim IAIN Surakarta Peduli Palestina.

Sebelumnya kegiatan peduli Gaza ini juga dilakukan di kampus setempat dengan melakukan penggalangan dana. Hasil dari penggalangan dana terkumpul sekitar Rp 4.600.000 dan kegiatan penggalangan dana ini bekerja sama dengan yayasan Solo Peduli yang nantinya hasil dari penggalangan dana tersebut  akan disalurkan melalui rekening Solo Peduli peduli Gaza, Palestina.

Kegiatan aksi peduli Gaza berjalan dengan lancar, saat ditemui Sinar di lokasi,  koordinator aksi, Aliya Izet Begovic Yahya,  menyatakan beberapa tujuan dalam aksinya ini untuk mengajak masyarakat peduli terhadap permasalahan di Gaza, meminta dewan keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk mendesak Israel segera menghentikan serangannya terhadap warga sipil Gaza, dan mendesak dewan keamanan PBB menurunkan tentara perdamaian untuk mengatasi konflik di Palestina. Dalam kegiatan aksi ini juga ada penampilan teatrikal penjajahan tentara Israel kepada warga sipil Gaza, Palestina dan pembacaan puisi tentang Palestina. (agus)

AddThis Social Bookmark Button

TRANSLATION

Indonesian Arabic English

BERITA TERKINI

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

ARSIPAN IAIN SURAKARTA