1.000 Maru IAIN Surakarta Telah Registrasi

Sejumlah 1.000 calon Mahasiswa baru (Maru) IAIN Surakarta telah melakukan registrasi atau pendaftaran ulang setelah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) ini. Kuota yang disediakan yakni 1.500 mahasiswa, untuk menutupnya IAIN akan menunggu hingga penutupan pendaftaran pada awal Agustus 2012 mendatang.

Dikatakan Pembantu Rektor I IAIN Surakarta, Dr Mudhofir Abdullah, Selasa (24/4), jumlah kuota yang disediakan pihaknya bertambah sesuai dengan meningkatnya jumlah peminat masuk IAIN di kalangan masyarakat saat ini. Sehingga perlu adanya penambahan kuota dari sekitar 1.200 menjadi 1.500. “Peminat masuk IAIN terus mengalami peningkatan dalam tiap tahunnya. Sehingga kita menyesuaikan,” kata dia.

Dijelaskannya, IAIN Surakarta memiliki dua program Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) yaitu program SPMB Nasional PTAIN dan SPMB Mandiri yang dilaksanakan internal IAIN Surakarta. Untuk SPMB Nasional sudah dilakukan beberapa waktu lalu melalui jalur online dan serentak secara nasional oleh PTAIN di Indonesia.

Mengenai kuota, kata Mudhofir, SPMB Nasional PTAIN pihaknya mendapat kuota 200 mahasiswa, sedangkan sisanya diambil jalur mandiri yang penutupan pendaftaran dilakukan pada awal Agustus mendatang. “Sebenarnya untuk Prodi umum hampir semuanya telah memenuhi kuota. Namun untuk Prodi Agama memang belum semuanya, sehingga masih menunggu penutupan pendaftaran,” terangnya.

Untuk menggenjot peningkatan jumlah peminat Prodi agama, pihaknya telah melakukan berbagai upaya diantaranya sosialisasi dan diwacanakan akan ada beasiswa khusus untuk jurusan Prodi agama tersebut. Prodi Agama yang masih membutuhkan penambahan calon Maru diantaranya Syariah Muamalah, al-Ahwal as-Syakhshiyah (AS), Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan Konseling Islam, Tafsir Hadist dan  Aqidah Filsafat. (asa)

AddThis Social Bookmark Button

TRANSLATION

Indonesian Arabic English

BERITA TERKINI

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

ARSIPAN IAIN SURAKARTA