Bg

IAIN Surakarta Sukseskan Sosialisasi Diplomasi Parlemen BKSAP DPR RI

Diterbitkan tanggal 8 April 2021

SINAR-  Kamis (8/4) IAIN Surakarta ikut serta dalam menyukseskan Sosialisasi Diplomasi Parlemen yang diselenggarakan oleh Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI. Sosialisasi yang dikemas dalam BKSAP Day tersebut digelar di UNS INN dengan tajuk Membangun Sinergi dan Kolaborasi untuk Optimalisasi Potensi Kota Surakarta, Jawa Tengah” dipimpin Wakil Ketua BKSAP DPR RI Hafisz Tohir (F-PAN) bersama Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (F-Gerindra), Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera (F-PKS) dan Anggota BKSAP DPR RI R. Wulansari (F-Gerindra), Arzeti Bilbina (F-PKB), Hasani Bin Zuber (F-Demokrat)

BKSAP Day merupakan salah satu agenda besar yang dilaksanakan oleh BKSAP DPR RI. Acara tersebut merupakan sarana untuk memperkenalkan konsep dan implementasi diplomasi parlemen kepada masyarakat dengan menyasar sivitas akademika dan mahasiswa untuk membangun komunitas masyarakat yang terinformasi secara memadai.

Kampus dan mahasiswa merupakan cikal bakal lahirnya demokrasi di Republik Indonesia melalui proses reformasi yang legendaris tahun 1998 silam. Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Achmad Hafisz Tohir mengemukakan dipilihnya kampus sebagai media sosialisasi diplomasi parlemen karena mahasiswa menjadi agen perubahan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kami pilih kampus karena melihat dalam demokrasi itu mahasiswa menjadi cikal bakal munculnya demokrasi di Republik Indonesia, tanpa mahasiswa kita tidak mungkin mengalami masa reformasi yang sangat legendaris tersebut,” ungkapnya. Menurut Hafisz, pemikiran-pemikiran mahasiswa itu tidak ada intrik-intrik politik, mereka begitu riil. Melalui forum terhormat yang juga dihadiri para guru besar dan sivitas akademika ini, dengan masuknya BKSAP DPR ke kampus untuk menjelaskan tugas-tugas DPR yang kadang kala juga dikritisi secara positif oleh mahasiswa.

Sementara itu Wakil Rektor III IAIN Surakarta Dr. H. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag yang membawa serta mahasiswa IAIN Surakarta dalam kegiatan tersebut menyampaikan dalam kompetisi global seperti saat ini yang kita perlukan adalah sinergi dan kolaborasi antar lembaga, institusi dll. Dan mahasiswa adalah generasi penerus yang harus melek demokrasi dan diplomasi sejak dini karena perubahan negara ini kedepan ada di tangan para pemuda seperti mahasiswa, ujarnya. (Zat/Humas dan Publikasi)

Komentar ditutup.