Bg

Perkuat Moderasi Beragama di Kampus, IAIN Surakarta Ikut Andil Dalam Workshop Rumah Moderasi Beragama Se-Indonesia

Diterbitkan tanggal 5 Mei 2021

SINAR- Tangerang (5/5), IAIN Surakarta mendelegasikan wakilnya untuk ikut andil dalam pembahasan kajian penguatan Moderasi Beragama di lingkungan PTKI. Kegiatan ini dilaksanakan pada 3-5 Mei 2021 di Hotel Allium, Tangerang. Acara ini diinisasi oleh Ditjen PTKI Kementerian Agama dan dihadiri setidaknya oleh 34 PTKI Se-Indonesia yang telah memiliki Rumah Moderasi Beragama dan sedang mengupayakan adanya Rumah Moderasi di 52 PTKI lain diseluruh Indonesia. Rumah Moderasi Beragama merupakan Lembaga yang berada dibawah rektor disetiap PTKI sebagai perpanjangan Kementerian Agama dalam mengimplementasikan revolusi mental berupa pengamalan semangat Moderasi beragama dengan prinsip mengambil jalan tengah dan tidak berlebih-lebihan.

Acara juga dihariri oleh Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama 2014-2019) yang juga penggagas ide Moderasi Bergama, setidaknya membahas 3 poin utama. Pertama, pengarusutamaan Moderasi Bergama di lingkungan PTKI. Kedua, sharing session dengan pengurus Rumah Moderasi Beragama se-Indonesia, untuk merancang aksi kegiatan agar sesuai dan selaras dengan tujuan Kementerian, sehingga hasil secara terukur dapat di laporkan karena telah masuk RPJMN. Ketiga, pembahasan Kuliah Kerja Nyata berbasis Moderasi Beragama (KKN-MB) untuk diselenggarakan di masing-masing PTKI. Disela-sela kegiatan tersebut kemudian dibentuk forum Rumah Moderasi Se-Indonesia yang diketuai oleh Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag atau akrab disapa Pak Inung dari UIN Sunan Ampel.

IAIN Surakarta diwakili oleh Fuad Hasyim, M.E.K. sebagai representative dari Rumah Moderasi Beragama IAIN Surakarta, mendapatkan kesempatan untuk meyampaikan program kerja untuk beberapa waktu yang akan datang, Diantaranya adalah melakukan penguatan Moderasi Beragama baik dari sisi internal maupun ekternal. Internal sendiri merupakan pembinaan Moderasi Beragama yang bersifat kedalam yakni pada Dosen, Tendik dan Mahasiswa dengan tujuan mencegah terjadinya paparan radikalisme dan intoleransi bagi civitas akademika IAIN Surakarta. Sementara eksternal lebih mengarah keluar kampus, dengan edukasi dan kampanye semangat Moderasi Beragama sehingga berdampak pada penurunan angka indeks intolerasi beragama di wilayah Soloraya. Saat ini, RMB IAIN Surakarta tengah menggodok program Bersama Kementerian Agama Kantor Wiayah Jawa Tengah untuk bekerjasama dengan Penyuluh Agama se-Soloraya untuk membumikan semangat Moderasi Beragama. (Gie/ Humas Publikasi)

Sumber: Fuad Hasyim

Komentar ditutup.