Bg

Review dan Penyempurnaan SOP Akademik dan Pengembangan Lembaga

Diterbitkan tanggal 16 Februari 2020

SINAR- Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan dokumen yang menjadi pedoman untuk melaksanakan proses penyelesaian suatu pekerjaan. Administrasi akademik merupakan unit utama penunjang proses kegiatan belajar mengajar. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan akademik, IAIN Surakarta mengadakan kegiatan “Review dan Penyempurnaan SOP Akademik dan Pengembangan Lembaga”. Kegiatan ini melibatkan Sub Bagian Akademik Universitas, para Kepala Sub Bagian Akademik Fakultas di lingkungan IAIN Surakarta, serta Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Imam Makruf, S.Ag., M.Pd menyampaikan bahwa perlu adanya identifikasi SOP yang telah dibuat dan kebutuhan SOP. Hal tersebut disampaikan sekaligus membuka kegiatan yang dilaksanakan di Karimun Jawa, 12 – 14 Februari 2020. “Ada beberapa SOP yang perlu direview kembali dan ke depan kebutuhan SOP akan semakin berkembang sejalan dengan proses transformasi IAIN menjadi UIN”, sambung beliau. Review dan penyempurnaan SOP dilakukan dalam rangka menyikapi munculnya regulasi-regulasi baru dalam bidang akademik yang dikeluarkan oleh Kemenag maupun Kemendikbud sekaligus untuk menyiapkan layanan akademik yang lebih baik sebagai bagian dari persiapan alih status.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dr. Raden Lukman Fauroni, M.Ag. menyampaikan bahwa SOP tidak hanya sebagai pedoman pelaksanaan pelayanan, namun juga menjadi hal yang paling banyak diungkap dalam akreditasi yaitu pada standar 2. “SOP sebagai penopang implementasi pengembangan budaya mutu yang memiliki target kepuasan pengguna dalam pelayanan”, tambah beliau. IAIN Surakarta telah merencanakan pembentukan Gugus Kendali Mutu (GKM) pada setiap Fakultas yang beranggotakan dosen-dosen yang telah mendapatkan pelatihan sebagai auditor.

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Pudji Rahardjo Rudi Hartono, AKS. menyampaikan bahwa ada sebuah pedoman dalam penyusunan SOP. Kementerian Agama telah membuat pedoman penyusunan SOP melalui Keputusan Menteri Agama Nomor. 168 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan SOP di Lingkungan Kementerian Agama. Output dari kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut yaitu inventarisasi, review, dan penyempurnaan SOP akademik di tingkat Universitas dan Fakultas. Tindak lanjut dari penyusunan SOP yaitu pembuatan SK Rektor dan sosialisasi SOP kepada pihak yang terkait dalam SOP tersebut. (Gie/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.