Bg

SAMBUTAN REKTOR PADA WISUDA SARJANA & MAGISTER KE-47 IAIN SURAKARTA

Diterbitkan tanggal 24 Agustus 2021

Oleh: Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd
(Rektor IAIN Surakarta)

Yth. Ketua Senat, Sekretaris Senat, beserta Anggota Senat

Yth. Tamu Undangan

Yth. Para Orang Tua/Wali Wisudawan/Wisudawati

Yth. Wisudawan/Wisudawati

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan rendah hati dan penuh tunduk, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Illahi rabbi, karena atas rahmat dan taufik-Nya kita semua dalam keadaan sehat wal-‘afiat di hari ini. Shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memberi bimbingan dan menjadi teladan kita semua.

Perkembangan Covid-19 hingga pekan-pekan ini belum membaik dan wilayah Solo Raya dalam status PPKM level 4 sehingga pelaksanaan Wisuda kali ini sepenuhnya dilakukan secara daring (online). Ada 9 orang wisudawan/wisudawati terbaik dari 5 Fakultas, 1  Program Pascasarjana, dan 3 tahfidz hadir secara luring sehingga tetap memenuhi ketetapan protokol kesehatan.

Perlu dicatat, Wisuda kali ini dilaksanakan dalam status lembaga telah beralih status menjadi Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta berdasarkan Peraturan Presiden No. 42 Tahun 2021. Ini berarti wisudawan/wisudawati ke-47 kali ini menjadi Angkatan terakhir IAIN Surakarta, tetapi menjadi Angkatan pertama yang diwisuda dengan status lembaga UIN Raden Mas Surakarta. Saudara-saudara sekalian adalah bagian dari Angkatan yang berkontribusi pada proses alih status ini melalui prestasi-prestasi selama belajar dan kiprah sosial nantinya di masyarakat. Meskipun Saudara-Saudara merupakan Angkatan terakhir IAIN Surakarta, namun Saudara-Saudara telah berjasa dalam mengantar lembaga ini pada keadaannya sekarang. Tanpa Saudara-Saudara, maka alih status tidak akan terjadi karena ada kekosongan Angkatan yang menandai lembaga ini tidak sehat.

Selanjutnya, Wisuda kali ini juga dilaksanakan berbarengan dengan suasana  Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-76. Kita diingatkan akan karunia terbesar yang diberikan Allah swt kepada bangsa kita berupa kemerdekaan, sehingga kita dan bangsa Indonesia pada umumnya dapat membangun dan mengisi kemerdekaan itu dengan penuh damai, aman, dan leluasa. Hanya dengan kemerdekaan seluruh energi, inovasi, dinamika, kecerdasan, bakat-bakat terbaik, dan potensi peradaban memperoleh ruang tumbuh seluas-luasnya memenuhi tujuan-tujuan pembangunan bangsa yang berdaya saing. Rasa syukur ini patut diperbarui terus-menerus agar memupuk rasa tanggung jawab kita sebagai anak-anak bangsa yang berkualitas dari tahun ke tahun melalui program-program Pendidikan yang unggul. Juga agar kita menyadari makna penting stabilitas bangsa serta menghindari perpecahan yang mengakibatkan keterpurukan sendi-sendi kehidupan yang lebih luas. Konflik Afghanistan, Suriah, Yaman, Libia, Kongo, dan lain-lain menjadi pelajaran berharga untuk kita semua.

Salah satu mensyukuri Kemerdekaan adalah dengan berkontribusi pada bidang masing-masing yang dalam konteks UIN Raden Mas Said Surakarta adalah melalui penyediakan program-program Pendidikan yang berkualitas. Alih status ke UIN, karena itu, menjadi momentum emas untuk berkontribusi lebih baik lagi kepada bangsa melalui penyelenggaraan program studi-program studi umum yang berintegrasi dan berinterkoneksi dengan program studi-program studi Islam. Kapasitas lembaga yang lebih besar, tentu saja, menuntut kerja keras dan tanggung jawab besar untuk memenuhi tujuan-tujuan Pendidikan. Ada peluang dan tantangan yang perlu diantisipasi dan ini mendorong respons-respons akurat dari lembaga agar selalu relevan dengan kebutuhan-kebutuhan bangsa yang terus berubah.

Ada empat bidang yang terus-menerus berupaya ditingkatkan. Empat bidang itu meliputi: tata kelola yang bermutu; sumber daya manusia yang bermutu; pengajaran, penelitian, dan publikasi yang bermutu; serta program-program kegiatan kemahasiswaan yang bermutu. Empat bidang tersebut adalah pilar Kampus yang sangat penting dan menentukan kelangsungan trust masyarakat Pendidikan dan relevansi dengan tuntutan-tuntutan masyarakat modern. Ukuran-ukuran bermutu, tentu saja, dikaitkan dengan peta jalan pembangunan nasional di bidang Pendidikan Tinggi sesuai dengan perubahan-perubahan lingkungan nasional, regional, dan internasional.

Untuk memenuhi tujuan tersebut di atas, lembaga kita sudah diberi modal dengan status yang mengizinkan membuka program studi-program studi umum. Diharapkan secara bertahap, program studi-program studi umum, akan terwujud melalui proses pengusulan yang dikawal dengan baik dan profesional. Kerjasama yang baik, kepemimpinan kolektif-kolegial yang bertanggung jawab, dan peningkatan dedikasi yang profetik dari keluarga besar UIN Raden Mas Said Surakarta akan memudahkan pengejawantahan harapan serta upaya tersebut.

Akhirnya, kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati yang telah berhasil diwisuda hari ini. Semoga keberhasilan ini menjadi awal dan pintu gerbang bagi keberhasilan besar di masa-masa mendatang. Saudara-Saudara sekarang telah menjadi alumni, namun demikian silaturahim harus terus tersambung. Kampus ini tetap membuka pengabdian dan kiprah Saudara di masa-masa mendatang.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Surakarta, 23 Agustus 2021

Rektor,
Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd.





Komentar ditutup.