Bg

45 km Mengembara dan Ditutup Dengan Bhakti Sosial Untuk Dapat Naik Tingkat Pandega UKK Racana IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 24 September 2017

SINAR- Pengembaraan untuk mendapatkan kenaikan tingkat golongan pandega Racana IAIN Surakarta dimulai 20-24 September 2017. Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang IAIN Surakarta tahun 2017 selenggarakan kegiatan ini sebagai ujian tertinggi kepramukaan untuk tingkat Perguruan Tinggi. Dengan total 45 km perjalanan yang ditempuh dengan jalan kaki dan dengan mengikuti serangkaian kegiatan akhirnya 20 orang (8 Pa- 12 Pi) peserta resmi naik tingkat dan berhak menyandang gelar Pandega.

Pembina Gugus Depan IAIN Surakarta Kak Siti Choiriyah membuka acara bersama Pembina Pandega Putri Kak Hafidah dan reka kerja Unit Kegiatan Khusus (UKK) Racana IAIN Surakarta.

Setelah sehari (20/9) diberikan materi ruangan di IAIN Surakarta, para peserta pada tanggal (21/9) memulai pengembaraan menuju Wonogiri. Dengan berbekal sansi yang diberikan dari Reka Kerja Racana para peserta harus menempuh rute dari IAIN Surakarta menuju Kabupaten Wonogiri (memakai bus umum), kemudian berjalan kaki menuju kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri untuk menerima materi. Setelah kegiatan materi di BPBD selesai, peserta mencari bus umum lagi untuk menuju ke petunjuk selanjutnya yaitu berhenti di terminal Eromoko, Wonogiri. Dari terminal Ermoko, peserta diberi petunjuk lagi untuk berjalan kaki menuju desa Minggar Harjo, Wonogiri untuk melaksanakan bina masyarakarat hingga (23/9).

Kegiatan bina masyarakat berupa pelatihan tentang membuat kerajinan dan sosialisasi tentang kesehatan kepada Ibu-ibu PKK. Dilanjutkan dengan binsat untuk mengajar pramuka di SDN II Minggar Harjo. Selain itu, pada sore hari peserta juga mengajar TPQ di masjid desa setempat. Setelah senam pagi di SDN II Minggar Harjo dan kegiatan bakti sosial selesai, peserta melanjutkan perjalanan menuju tempat selanjutnya, yaitu menuju tempat finish (Pantai Nampu, Wonogiri). Total rute perjalanan peserta kurang lebih 45 Km.

Kegiatan yang diakhiri dengan pelantikan secara resmi oleh Kak Riptono (pembina Pandega putra) dilanjut upacara penutupan sebagai tanda berakhirnya kegiatan kenaikan tingkat pandega. Di Pantai Nampu, 20 peserta melakukan sujud syukur tanda kegiatan telah usai dengan selamat dan sukses. (Gie/Humas dan Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

“Satyaku Kudarmakan Daramaku Kubaktikan”

Komentar ditutup.