Bg

APLIKASI SPEECH RECOGNITION UNTUK TUNANETRA KARYA TIM DOSEN SASTRA INGGRIS IAIN SURAKARTA MASUK GOOGLE PLAYSTORE

Diterbitkan tanggal 17 Februari 2016

SINAR – MAKTUM adalah aplikasi bantu linguistik untuk tunanetra dalam mempelajari bahasa Inggris yang memungkinkan pengguna untuk merealisasikan secara fisik kata, frasa, atau kalimat yang diucapkan oleh pengguna (speech to text).

MAKTUM merupakan nama aplikasi yang dibuat oleh tim dosen Sastra Inggris, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta yang terdiri dari Hj. Lilik Untari, S.Pd., M.Hum. dan SF Luthfie Arguby Purnomo, S.S., M.Hum sebagai desainer konten dan logika, Nur Asiyah, S.S., M.Hum dan Muhammad Zainal Muttaqien, S.S., M.Hum. bertindak sebagai alpha testers dan Lukfianka Sanjaya Purnama bertanggungjawab untuk pemrogramannya.

Aplikasi ini didesain dengan menggunakan sistem pelafalan personal yang direkam berdasarkan 1500 kosa kata bahasa Inggris yang disusun oleh Charles Kay Ogden. “Proses pembuatan MAKTUM ini dimulai dengan merekam 1500 kosa kata yang diasumsikan paling sering digunakan. Suara yang direkam adalah suara mahasiswa tunanetra dari PBI (Pendidikan Bahasa Inggris) bernama Laras,” ujar Luthfie.

Alasan dibalik penggunaan suara mahasiswa tersebut adalah untuk menghindari kesulitan pelafalan yang berstandar internasional. Pengguna bisa merekam suaranya sendiri atau suara orang lain kemudian menyimpannya di MAKTUM dan kemudian darinya fungsionalitas speech recognition bisa diakses. Dalam konteks pembelajaran reading dan writing, MAKTUM bisa digunakan oleh dosen dan mahasiswa tunanetra untuk saling berinteraksi.

Kelemahan MAKTUM adalah tidak terdapatnya fitur text to speech yang memungkinkan dosen untuk menuliskan tugas dan konten tugas tersebut mengeluarkan audio yang bisa didengarkan oleh mahasiswa tunanetra. Patch untuk text to speech ini sedang dalam proses pendesainan dan diharapkan akan segera ditambahkan ke dalam MAKTUM.

Lilik Untari, kajur Sastra Inggris, mengatakan bahwa MAKTUM adalah salah satu produk kreatif kebahasaan Sastra Inggris yang merupakan representasi riil dari Tri Dharma perguruan tinggi. Beliau menambahkan bahwa MAKTUM juga salah satu realisasi visi Sastra Inggris IAIN Surakarta yang berupaya mewujudkan Sastra Inggris yang menjadi pusat rujukan industri kreatif kebahasaan di Solo Raya pada tahun 2019.

MAKTUM bisa diakses melalui Google Playstore di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.iaftersmile.maktum atau bisa diakses secara online melalui http://www.velis.xyz/#!lecturers/cv41. (Yin/ Humas Publikasi).

Sumber : Luthfie Arguby P.

Komentar ditutup.