Bg

April, Bulannya Sastra Inggris IAIN Surakarta!

Diterbitkan tanggal 24 April 2021


SINAR- Setiap bulan April, Sastra Inggris menyelenggarakan tiga acara yaitu PREPOSITION, product pitching, dan pertunjukan drama bahasa Inggris FAIRY TALE. PREPOSITION adalah seminar nasional mahasiswa Sastra Inggris. Tahun ini PREPOSITION, yang diketuai oleh Shabrina An Adzhani, M.A., keluarga baru Sastra Inggris IAIN Surakarta, diselenggarakan secara daring dengan diikuti oleh 228 mahasiswa Sastra Inggris dari Universitas Sebelas Maret, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan IAIN Surakarta. Dari tanggal 19-23 April 2021, acara yang bertemakan Ngabubu-Read Bareng Sasingers!, mahasiswa mempresentasikan penelitian mereka dalam bidang Sastra, Linguistik, dan Penerjemahan. Rangkaian acara ditutup dengan seminar nasional tentang studi adaptasi pada tanggal 24 April 2021 dengan menghadirkan pembicara dari ISI Yogyakarta Dr. Umilia Rokhani, M.A. dan Dr. SF. Luthfie Arguby Purnomo, M.Hum. dari IAIN Surakarta. Acara puncak ini juga ditutup dengan launching jurnal baru Sastra Inggris IAIN Surakarta yaitu jurnal studi adaptasi bernama CrossOver.

Guna memperkuat visi Sastra Inggris IAIN Surakarta sebagai Sastra Inggris untuk industri kreatif, prodi yang bersemboyan R.I.S.E. (Religious, Innovative, Scientific, and Entertaining) ini juga mengadakan acara product pitching setiap April. Dalam acara yang diselenggarakan pada tanggal 24 April 2021 ini, mahasiswa Sastra Inggris IAIN Surakarta semester IV mempresentasikan produk-produk digital kreatif mereka yang dihasilkan pada makul Monetisasi Produk Digital di hadapan guru dan kepala sekolah se-Solo Raya, DIY, Temanggung dan Magetan. Tujuannya adalah melatih mahasiswa dalam mempertanggungjawabkan hasil karya inovasi mereka dan menjalin kerjasama lebih luast dengan para stakeholder atau pengguna produk digital kebahasaan dan kesastraan Sastra Inggris IAIN Surakarta. Produk digital yang ditawarkan oleh mahasiswa angkatan 2019 ini meliputi novel visual, aplikasi kebahasaan, komik digital, dan produk digital lainnya yang berkaitan dengan bahasa dan sastra.

Sebenarnya setiap April, setelah siang harinya berseminar dan presentasi produk, malamnya hiburan berupa festival drama FAIRY TALE yang diselenggarakan bersama oleh prodi dan LSO Tentacle. Namun disebabkan pandemi, festival drama ini ditiadakan untuk tahun ini.

Berkenaan dengan acara-acara ini, Prof. Dr. Toto Suharto, M.Ag. selaku dekan Fakultas Adab dan Bahasa, dalam sambutannya menyambut baik rangkaian acara Sastra Inggris ini. Beliau menekankan bahwa PREPOSITION dan product pitching ini selaras dengan visi dan misi fakultas serta makul fakultas yaitu Literasi Digital dan Monetisasi Produk Digital. Kaprodi Sastra Inggris IAIN Surakarta, Nur Asiyah, M.A., dalam sambutannya juga menambahkan bahwa prodi Sastra Inggris IAIN Surakarta selalu menyelaraskan kegiatan dan produk yang diselenggarakan dan didesain dengan visi dan misi prodi sesuai permintaan akreditasi 9 kriteria. Salah satu poin utama akreditasi 9 kriteria ini adalah rekognisi. Guna memenuhi kriteria rekognisi ini, PREPOSITION dan product pitching diselenggarakan. Di akhir sambutan beliau menyampaikan terima kasih kepada IAIN Surakarta, FAB IAIN Surakarta, dosen, mahasiswa, dan alumni Sastra Inggris IAIN Surakarta, alumni HMP SI 2020, dan HMP SI 2021 yang telah bekerja keras menyelenggarakan acara ini. Beliau juga secara khusus mewakili prodi mengucapkan terima kasih kepada Ibu Umi Pujiyanti, M.Hum., Ph.D. candidate Western Sydney University, yang menjadi sponsor utama PREPOSITION dan product pitching. Melalui beliaulah dimungkinkan selama enam hari diselenggarakan acara ini mulai dari pukul 08:00 – 14:00 secara daring. (Gie/ Humas Publikasi)

Komentar ditutup.