Bg

Artis Film Ketika Cinta Bertasbih Beri Kuliah Umum di Prodi SPI IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 5 September 2018

SINAR- Rabu, (5/9), bertempat di aula gedung pascasarjana lantai 4. Program Studi (Prodi) Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Surakarta bersama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) SPI kedatangan seorang artis Adrian Perkasa, M.A. Artis yang pernah bermain dalam Film Ketika Cinta Bertasbih dan Cinta Suci Zahrana ini diundang khusus untuk memberikan public lecture dengan tema Islam Majapahit. Dalam kesempatan ini Adrian yang saat ini menjadi Dosen Ilmu Sejarah Universitas Airlangga Surabaya membedah buku karyanya yang berjudul orang Tionghoa dan Islam di Majapahit.

Tak kurang dari 300 mahasiswa baik dari Prodi SPI maupun diluar SPI seperti Prodi Tadris Bahasa Indonesia (TBI), Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) bahkan prodi dari luar kampus IAIN Surakarta  seperti dari Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret Surakarta tampak hadir memenuhi ruangan tempat berlangsungnya acara. Mereka terlihat sangat antusias dan terasa gayeng karena diselingi joke dari pemateri.

Dalam paparnya, Adrian mengatakan bahwa Islamisasi pada masa itu tidak bersifat gradual, tapi denan perlahan yang dimulai dari masa hindu-budha. Hal ini turut diperkuat dengan data yang menyebutkan bahwa banyaknya peninggalan islam yang ada di sekitar Trowulan sebagai ibukota majapahit, misalnya makam putria campa, kompleks pemakaman islam troloyo dan nisan-nisan islam yang berada di wilayah tersebut, paparnya.

Selain itu Adrian berharap bahwa generasi milenial tidak segan untuk meneliti dan berkunjung ke situs sejarah, ia mengungkapkan kelemahan mahasiswa sejarah selama ini adalah kurangnya jalan-jalan dan jeli terhadap bangunan-bangunan maupun peristiwa sejarah yang bisa dijadikan tulisan agar sejarah tersebut tetap selalu ada.  (Zat/Humas Publikasi#BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.