Bg

Bahas Paradigma PTKIN, IAIN Surakarta Undang Prof. Lukens-Bull

Diterbitkan tanggal 6 Juli 2018
SINAR- Jumat (6/7) IAIN Surakarta mengundang Prof. Ronald A. Lukens-Bull, Ph.D., dalam workshop Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dosen. Lukens-Bull diundang untuk memberikan presentasi dan berdiskusi dengan para dosen IAIN Surakarta mengenai paradigma perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Diskusi berlangsung pada Hari Jumat (6/7) di Green Valley Bandungan, Ungaran, Semarang.
Dalam kesempatan ini Lukens-Bull mempresentasikan perbandingan sistem pendidikan tinggi di Amerika dan Indonesia. Dalam presentasinya Lukens-Bull menyampaikan kritik diantaranya adalah banyak kampus di Indonesia yang tidak fokus dan sistem manajemen yang cukup rumit. Lukens-Bull mencontohkan di Amerika seseorang yang pernah menempuh sarjana kemudian di lain waktu ingin kuliah lagi di jurusan yang berbeda maka waktunya lebih singkat. Mereka tidak perlu mengambil semua mata kuliah, hanya menempuh mata kuliah yang belum pernah diambil.
Lukens-Bull memang sudah cukup banyak mengenal sistem pendidikan di Indonesia karena sudah cukup lama tinggal untuk melakukan penelitian. Beberapa penelitian Lukens-Bull di Indonesia dilakukan di perguruan tinggi Islam dan pesantren. Penelitian-penelitian Lukens-Bull di Indonesia sudah banyak yang diterbitkan dalam bentuk jurnal dan buku. Lukens-Bull adalah professor bidang Antropologi dan kajian agama dari Department of Anthropology, Sociology and Social Work, University of North Florida. Saat ini fokus Lukens-Bull adalah mengkaji antropologi dan studi Islam di wilayah Asia Tenggara terutama Negara Indonesia, Malaysia dan Thailand. (JnR/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.