Bg

Belajar Budaya Islam Jawa, Mahasiswa SPI Ikuti Kirab 1 Suro Kraton Surakarta

Diterbitkan tanggal 12 September 2018

SINAR- Selasa (11/9/), Kraton Kasunanan Surakarta menggelar kirab pusaka peringatan malam 1 Sura.Peringatan yang dilakukan tiap tahun pada penanggalan Sultan Agung ini menyedot perhatian masyarakat sehingga mereka datang berduyun-duyun baik dari dalam kota Surakarta maupun luar kota untuk  mengikuti kirab tersebut.

Dilingkungan keraton Surakarta Hadiningrat upacara ini diperingati dengan kegiatan kirab mengililingi beteng keraton. Dimulai dari kompleks Kemandungan Utara melalui gerbang Brojonolo kemudian mengintari seluruh kawasan keraton dengan arah berlawanan dengan putaran jarum jam dan berakhir di halaman Kemandungan Utara. Dalam prosesi kirab ini pusaka keraton menjadi bagian utama pada barisan terdepan baru kemudian diikuti para pembesar keraton, kerabat dan jajaran keraton yang lengkap dengan pakaian kebesaran keraton, dan terakhir oleh masyarakat. Uniknya pada lapisan barisan terdepan ditempatkan pusaka yang berupa sekawanan kerbau albino yang diberi nama Kyai Slamet yang selalu menjadi pusat perhatian tersendiri bagi masyarakat.

Pun juga dilakukan oleh beberapa mahasiswa Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) IAIN Surakarta. Ada sekitar 50 mahasiswa Sejarah Peradapan Islam mengikuti kirab 1 Muharam ini. Melina Anggraini, salah mahasiswa SPI menuturkan bahwa kegiatan ini untuk mengenalkan kepadanya tentang tradisi yang ada di masa lalu di Kraton Surakarta.  Mahasiwa asal Magelang ini sangat bangga karena kuliah di IAIN Surakarta dekat dengan pusat budaya Islam Jawa.

Berbeda dengan Moch Fadhil Musyafa yang berasal dari Kebumen, menurutnya tradisi kirab di Kraton Surakarta ini banyak memberi pandangan terhadap munculnya kerajaan Mataram Islam yang menjadi cikal bakal islamisasi di wilayah Jawa. Selain juga mengenalkan terhadap kearifan lokal dan lokal genius yang ada di Surakarta.  Sehingga menjadi tahu tentang makna-makna yang terkandung dalam kirab tersebut. Seperti fenomena ngalab berkah, yang banyak mengandung pemaknaan dan nilai yang dihadirkan. (Zat/Humas Publikasi#BanggaIAINSurakarta #suksesAPT-A #diesnatalisiainska26

Komentar ditutup.