Bg

Tetap Produktif Saat PPKM, UKM LPM Dinamika Ramaikan Pekan Literasi Indonesia

Diterbitkan tanggal 2 September 2021

SINAR-UKM LPM Dinamika melalui Divisi Penelitian dan Pengembangan bekerjasama dengan Diomedia, Intrans Publishing dan Azwan Book Channel meramaikan Pekan Literasi Indonesia. Pekan Literasi Indonesia merupakan serangkaian acara yang digagas oleh Penerbit Diomedia guna menarik minat dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi dalam setiap elemen kehidupan. Hal ini dikarenakan minat baca masyarakat Indonesia masih tergolong sangat rendah. Terbukti dengan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) tahun 2019 yang menyatakan bahwa tingkat literasi masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen dan menempati ranking ke 62 dari 70 negara, atau berada 10 negara terbawah.

Secara keseluruhan terdapat 9 rangkaian acara yang dimulai pada Selasa, 24 Agustus 2021 hingga Sabtu, 28 Agustus 2021 secara daring. Namun dalam kesempatan ini UKM LPM Dinamika hanya mengambil bagian untuk mengisi dan menyukseskan dalam 3 sesi acara saja. Sesi pertama dimulai melalui media platform zoom, M. Iqbal Kusuma yang merupakan wakil Ketua UKM LPM Dinamika memimpin acara yang diisi oleh salah satu dosen UIN Raden Mas Said Surakarta, M. Endy Saputro, S.Th.I., MA . dengan tema “Kebermanfaatan Penelitian dan Penulisan”. Diskusi berlangsung sangat komunikatif dengan adanya antusias peserta tentang penelitian dan kepenulisan. Pada sesi kedua Kamis, (26/08) diskusi dipimpin oleh salah satu staff pada divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Farkhan Fuady dengan narasumber Raha Bistara melalui media platform Google Meet. Pada kesempatan itu ia mengambil tema “Melawan Insecurity Penulis dalam Berkarya”. Terakhir Sabtu, (28/08) menggunakan platform Google Meet sebagai media untuk diskusi, Anies Sahita selaku Ketua Umum UKM LPM Dinamika memimpin diskusi terakhir yang mengambil tema “Literasi di Media Sosial” dengan narasumber M. Azwan Annas yang juga merupakan content creator dari Azwan Book Channel.

Pekan Literasi Indonesia yang diramaikan oleh berbagai diskusi secara virtual dengan mengambil tema yang masih berkaitan dengan literasi serta kepenulisan ini menjadi salah satu cara untuk menjaga produktivitas di masa pandemi. Terlebih dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang kebijakannya terus diperpanjang sehingga mengharuskan para pelaku di kegiatan unit kemahasiswaan menunda hasratnya untuk menyelenggarakan acara secara tatap muka. Dengan diselenggarakannya acara ini, peserta diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya pada bidang literasi demi tercapainya cita-cita kemerdekaan yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. (Zat/Humas dan Publikasi)

Sumber: Alwi Muhammad (Kominfo UKM LPM Dinamika)

Komentar ditutup.