Bg

Berkunjung ke Perpustakaan Melalui Genggaman Tangan;

Diterbitkan tanggal 14 September 2017

Oleh : Triningsih, S.IP)
(Pustakawan Muda IAIN Surakarta)

#BanggaIAINSurakarta

 

Memperingati Hari Kunjung Perpustakaan 14 September

14 September adalah Hari Kunjung Perpustakaan. Peringatan tersebut pada awalnya diselenggarakan oleh mantan Presiden Suharto pada tahun 1995. Maksud dari peringatan tersebut yaitu agar masyarakat Indonesia mau membaca. Karena membaca adalah gerbangnya ilmu pengetahuan. Sejak itulah hampir di semua perpustakaan baik di pusat maupun di daerah beramai-ramai merayakannya. Mulai dari mengadakan lomba, pemilihan pengunjung teraktif berkunjung, pemilihan pengunjung paling banyak meminjam buku, bagi-bagi buku gratis, atau aksi simpatik tebar bunga bertuliskan motivasi, maupun kegiatan lain yang intinya menyemarakkan hari kunjung perpustakaan tersebut.

Perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian sebuah gedung.ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, bukan untuk dijual (Sulistyo-Basuki, 1991:3). Lebih jauh lagi beliau mengatakan jika perpustakaan dalam masyarakat mempunya beberapa fungsi. Fungsi simpan karya karena perpustakaan menyimpan hasil karya yang diciptakan masyarakat. Fungsi informasi karena perpustakaan memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Fungsi pendidikan karena perpustakaan menyediakan sumber-sumber belajar dan materi-materi pembelajaran. Fungsi rekreasi karena perpustakaan mampu menyajikan informasi yang menyenangkan dan menghibur. Serta fungsi kultural karena perpustakaan sebagai media untuk melestarikan kebudayaan yang ada di masyarakat.

Library in Hand

Masyarakat bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkannya dengan cara berkunjung ke perpustakaan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, dimana masyarakat luas dapat mengakses informasi hanya dengan genggaman tangan.  Mulai dari teknologi iPhad, Tablet, Blackbery, Android, dan sejenisnya. Maka perpustakaan tidak perlu mengubah fungsi utama yang dijalaninya. Namun perpustakaan harus beradabtasi dan berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman. Karena di negara maju perpustakaan adalah cermin majunya sebuah bangsa. Kita bisa melihat maju mundurnya dari sebauh bangsa dilihat dari perpustakaannya.

Khususnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perpustakaan harus mampu bersaing dengan lembaga-lembaga informasi yang lain. Ketersediaan sarana prasarana dan infrastruktur teknologi informasi dan telekomunikasi hendaknya ditambah dan dilengkapi guna meningkatkat akses informasinya. Hadirnya teknologi informasi semakin memudahkan masyarakat luas dalam bertransaksi di dunia maya. Apalagi dengan kesibukan masing-masing orang (sivitas akademika) yang kemungkinan menyebabkan mereka jarang mengunjungi perpustakaan.

Teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan yang pesat. Ledakan informasi ada dimana-mana. Dimana mobile sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Kita bisa melihatnya dalam kehidupan sehari-hari bahwa mobile phone dan mobile internet sudah banyak digunakan di penjuru dunia. Dunia maya seakan menjadi dunia yang tanpa batas. Maka sudah selayaknya jika perpustakaan mengambil bagian dari perkembangan teknologi tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan pemustakanya tanpa harus ketinggalan dalam hal teknologi khususnya mobile android.

Dengan demikian, untuk menjadi masyarakat yang cerdas diperlukan adanya pengetahuan. Pengetahuan tersebut bisa didapatkan dengan cara membaca. Membaca informasi sesuai dengan kebutuhannya sendiri. Salah satu sumber informasi adalah perpustakaan. Masyarakat bisa mengunjunginya.Di dalamnya mengandung banyak sumber informasi dan pengetahuan. Hadirnya teknologi informasi memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya tanpa harus secara fisik berkunjung ke perpustakaan. Mereka dapat berselancar di dunia maya dengan cara mengunjungi situs perpustakaan tertentu. Intinya tetep sama yaitu membaca dengan cara berkunjung ke perpustakaan. Perpustakaan ada dalam genggaman tangan. Pertanyaan terakhir sebagai penutup, Sudahkah Anda Berkunjung ke perpustakaan hari ini?

Penulis

Triningsih, S.IP.
Pustakawan Muda IAIN Surakarta

Komentar ditutup.