Bg

Bersama PKD Jateng, MAPALA SPECTA IAIN Surakarta Lakukan Transplantasi Terumbu Karang Di Karimunjawa

Diterbitkan tanggal 12 September 2018

SINAR- Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) SPECTA Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta turut serta dalam kegiatan transplantasi terumbu karang yang diadakan oleh Pusat Koordinasi Daerah Jawa Tengah di Desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara selama lima hari, (7-11/9).

Bersama 11 MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) se- Jawa Tengah, MAPALA SPECTA IAIN Surakarta yang diwakilkan oleh Aan Rohmad dan Desi Susanti melakukan transplantasi terumbu karang dalam kegiatan yang mengusung tema “save karimunjawa coral reefs”. Aan Rohmad selaku wakil dari peserta transplantasi terumbu karang tersebut menyampaikan melalui whatsapp bahwa kegiatan transplantasi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kerusakan terumbu karang di sekitar kepulauan Karimunjawa. Kerusakan ini disebabkan oleh kapal-kapal tongkang milik investor yang biasa berlabuh di daerah tersebut. Upaya penyelamatan terumbu karang tersebut juga dilakukan dengan mengusut dan menolak keras kapal-kapal tongkang tersebut agar tidak kembali berlabuh disekitar perairan kepulauan Karimunjawa.

Selain kegiatan penyelamatan terumbu karang, adapula sosialisasi yang ditujukan kepada warga sekitar Desa Kemujen. Sosialisasi ini bekerjasama dengan BTN (Balai Taman Nasional) terkait dengan proses pelarangan kapal-kapal tongkang yang tentunya membutuhkan proses yang panjang.

Semula kegiatan tersebut direncanakan mulai 7-9 September, namun karena terjadi beberapa kendala mejadikan pelaksanaannya mundur hingga 11 September 2018. Langkah kedepan setelah transplantasi ini akan dilaksanakan kegiatan kembali dalam rangka pembentukan desa wisata di Desa Kemujan Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara. (Gie/Humas Publikasi) #banggaiainsurakarta #suksesAPT-A #diesnatalisiainska26

Komentar ditutup.