Bg

Bidik Misi Angkatan 2014 Gandeng LPJS Gelar Workshop Menulis Esai

Diterbitkan tanggal 28 Desember 2017

SINAR- Mahasiswa bidik misi angkatan 2014 sejumlah 35 orang mengikuti workshop menulis esai dan penerbitan buku Bunga Rampai mahasiswa bidik misi angkatan 2014 pada Kamis, (28/12). Tak main-main, dengan menggandeng langsung Lembaga Pelatihan Jurnalistik Solopos (LPJS) workshop kali ini selain mengulas tentang teori-teori penulisan esai namun juga disertai praktek langsung yang nantinya akan dibukukan dalam bentuk bunga rampai karya mahasiswa bidik misi angkatan tahun 2014.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dan juga pembina mahasiswa bidik misi Dr. H. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag. dalam sambutannya, jangan sampai mahasiswa nanti ketika lulus sarjana hanya mempunyai satu karangan karya ilmiah yaitu skripsi, apalagi mahasiswa bidik misi. Bidik misi prestasinya harus jelas dan terarah. Beliau berharap agar mahasiswa terutama mahasiswa bidikmisi harus memperkuat kemampuan menulis ilmiahnya, harus banyak berlatih agar kualitas menulis ilmiah semakin baik. Syamsul juga sedikit berbagi tips tentang kepenulisan, menurutnya dalam menulis harus diawali dengan ide yang menarik menurut pikiran publik. Selain itu tulisan kita juga harus actual sehingga publik pun tertarik dengan tulisan kita.

Workshop ini berlangsung 2 kali. Hari pertama diisi dengan materi yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Syifaul Arifin dengan tema pengertian esai dan tehnik menulis esai. Sesi yang kedua dibawakan oleh Ichwan Prasetyo dengan tema memanen ide tulisan dan bahasa esai yang dilanjutkan dengan penugasan penulisan esai pada mahasiswa bidik misi. Sedangkan hari kedua diisi dengan evaluasi dan bedah karya mahasiswa bidik misi yang nantinya akan di terbitkan oleh PT Aksara Solopos dalam bentuk bunga rampai karya mahasiswa bidik misi 2014. (Zat/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Foto: Gustaf

Komentar ditutup.