Bg

Bindamping Kontingen UIN Raden Mas Said ikuti Gelang Ajar Pembina

Diterbitkan tanggal 10 November 2021


SINAR- Perkemahan Wirakarya Nasional PTK XV tahun 2021 ini dimeriahkan juga dengan kegiatan Gelang Ajar Pembina. Maksud dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi pembina pramuka perguruan tinggi, khusus nya para pembina Pramuka Perguruan Tinggi Keagamaan.

Pembina Kontingen UIN Raden Mas Said Surakarta, Kak Hafidah dan Kak Kriswanto mengikuti giat Gelang Ajar ini dengan penuh semangat dan disiplin.

Menurut Kak Hafidah, bindamping dalam PWN PTK ini selain bertugas mendampingi dan membimbing adik-adik Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang, kami juga mengikuti kegiatan peningkatan kompetensi pembina, yaitu Gelang Ajar Pembina. Dalam giat yang dilaksanakan pada hari Rabu 10 Nopember 2021 ini, pembina mendapat wawasan dan materi tentang kepramukaan, yaitu 1) Fundamental Kegiatan Kepramukaan oleh Kapusdiklatnas Kwarnas, Kak Joko Mursito. 2) Peningkatan Kualifikasi Pembina Perti yang disampaikan oleh Kapusdiklatda Kwarda Sumsel, Kak Hasan Bashri, M. Pd.

Dengan menyimak materi tersebut, pembina memperoleh wawasan tentang pentingnya kegiatan kepramukaan dan peran penting Pramuka dalam turut serta menyelesaikan problem bangsa ini, antara lain dalam kasus perselisihan etnis di Sampit, dan Poso. Karena kegiatan kepramukaan itu memang universal, dapat diterima oleh siapapun dan di mana pun. Kegiatan2 dilakukan dengan prinsip dan metodik pendidikan kepramukaan. Salah satunya adalah sistem among dalam pembinaan, yaitu “ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”. (Nughy/ Humas Publikasi)

Komentar ditutup.