Bg

Budaya Literasi Pondasi Generasi Emas

Diterbitkan tanggal 10 November 2016

SINAR – Forum dan Riset Ilmiah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FORDISTA) bersama MITI Indonesia menyelenggarakan Seminar Nasional. Seminar sebagai wujud dalam memperingati Bulan Bahasa pada tanggal 28 Oktober lalu, sekaligus bertepatan pada hari Pahlawan. Dalam kegiatan tersebut mengangkat tema “Membangun Budaya Literasi menuju Generasi Emas 2045” di Auditorium IAIN Surakarta (10/11) dengan pembicara Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum sebagai assesor peneliti BAN-PT dari dosen FKIP Bahasa Sastra dan Daerah UNS, serta Hudha Abdul Rohman sebagai mahasiswa berprestasi (MAWAPRES) 2013 FIB Universitas Airlangga (Unair), Wisudawan terbaik Unair 2014, juara LKTI Kepemudaan JATIM 2015.

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Dr. H. Giyoto, M.Hum. mengucapkan terima kasih kepada FORDISTA. Giyoto mengatakan bahwa FORDISTA telah memberikan kenangan dan motivasi melalui seminar tersebut. “Terima kasih kepada FORDISTA karena memberikan motivasi betapa pentingnya bahasa dalam kehidupan dan kesadran masyarakat,” ujarnya. “Ada korelasi antara bahasa dan pahlawan, karena bahasa sebagai alat penyampaian politik dan identitas yang mampu digunakan sebagai alat pemersatu,” imbuhnya. Dalam sambutannya, Giyoto berharap agar peserta yang hadir pada kegiatan tersebut dapat menciptakan budaya literasi tanpa adanya rasa keterpaksaan. “Mari membudayakan literasi membaca dan menulis yang dilakukan karena terbiasa dan tanpa paksaan,” tegasnya. Giyoto juga berharap dengan kegiatan membaca dan menulis dapat memperbaiki kelemahan dosen dan mahasiswa dalam kurangnya bahan bacaan.

Dr. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag menyampaikan bahwa membaca sebagai peningkatan intelektual. “Memiliki gairah membaca dan menulis yang baik dengan standar sistematik, membaca tanpa sadar dan tanpa beban mampu menuliskan adalah ciri seorang mahasiswa”, ujarnya.  Melempemnya budaya membaca mahasiswa diharapkan dapat segera digantikan dengan gairah membaca dan menulis untuk mencapai intelektual yang baik. Dengan  tanda pemotongan pita oleh Wakil Rektor III tersebut, maka Seminar Bulan Bahasa resmi dibuka.(Yin/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

 

Komentar ditutup.