Bg

Bupati Karanganyar Tantang Menag dan Rektor Segera Bangun Kampus IAIN di Karanganyar

Diterbitkan tanggal 4 Maret 2019


SINAR- Senin (4/3) Bupati Karanganyar Drs. Juliatmono menantang Menteri Agama Lukman Hakim dan Rektor IAIN Surakarta, Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd., agar segera membangun kampus di Karanganyar. “Kalau Pak Menteri benar-benar akan membangun besok langsung saya lepas tanahnya, saya khawatir sudah saya lepas ternyata tidak jadi dibangun, kan rugi saya,” tuturnya. Pernyataan tersebut disampaikan langsung Bupati Juliatmono kepada Menag Lukman Hakim dalam acara Bincang Santai Bersama Menteri Agama RI di IAIN Surakarta dengan tema Islam dan Budaya Sebagai Instrumen Integrasi Bangsa. Acara bincang santai tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara peresmian dua gedung baru IAIN Surakarta. Pada kesempatan itu Bupati Karanganyar juga meminta Rektor IAIN Surakarta untuk melihat dan memilih sendiri tanah mana yang diinginkan. “Silahkan Pak Rektor pilih mana tanah di Karanganyar, yang dekat tol juga boleh, karena semua pintu tol masuk ke Karanganyar,” ujarnya.

Menanggapi tawaran tersebut Menag Lukman Hakim menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang besar atas perhatian yang diberikan Bupati Juliatmono terhadap pendidikan terutama pendidikan Islam. Menag berjanji mendukung dan akan mengupayakan rencana tersebut pada tahun 2020. “Saya selaku Menag yang membawahi PTKIN akan melihat alokasi anggaran, untuk tahun ini tentu susah karena anggaran sudah disahkan tapi untuk tahun 2020 itu amat sangat mungkin sekali,” jelas menag. Menag juga meminta IAIN Surakarta untuk lebih serius dan melakukan persiapan lebih matang dalam mengawal rencana tersebut.

Bupati Juliatmono menyampaikan bahwa tawaran untuk mendirikan kampus bukan hanya ia berikan kepada IAIN Surakarta tapi juga ke kampus-kampus lainnya. “Kami sedang menarik perguruan tinggi manapun untuk mendirikan kampus di Karanganyar, UNS sudah lebih dulu 120 hektar, oleh karena itu IAIN saya tawari berapa hektar yg dibutuhkan?” ujarnya bupati. Selain itu Bupati Juliatmono juga menyampaikan bahwa dirinya selalu menawarkan kepada kampus-kampus untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Karanganyar. IAIN Surakarta merupakan salah satu kampus yang mengirimkan mahasiswanya melakukan KKN di wilayah Karanganyar. “Mahasiswa itu aset masa depan bangsa yang sangat berharga, perannya akan lebih strategis kalau di perluas dan diperbesar, dan IAIN ini sangat sesuai dengan konteks Indonesia karena budaya dan ilmu pengetahuan yang diajarkan betul-betul dijiwai oleh nilai-nilai Islam yang luar biasa,” jelas bupati. (JnR/Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta #SuksesAPT-A

Komentar ditutup.