Bg

Capacity Building FUD: Kebersamaan Dekanat dengan Ormawa

Diterbitkan tanggal 31 Maret 2018

SINAR- Sabtu, (31/3) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IAIN Surakarta mengadakan kegiatan capacity building untuk organisasi kemahasiswaan (Ormawa) dengan tajuk “Workshop Penguatan Kelembagaan Kemahasiswaan”. Acara ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan dekanat di bawah Wakil Dekan III FUD Bidang Kemahasiswaan. Peserta acara ini adalah perwakilan dari ormawa FUD, yaitu Senat Mahasiwa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dari Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan Konseling Islam (BKI), Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT), dan Aqidah dan Filsafat Islam (AFI).

Acara yang diselenggarakan di RM. Rejosari, Magelang ini dibuka langsung oleh Dekan FUD Dr. Imam Mujahid, S.Ag., M.Pd. Dalam sambutannya Dekan FUD menyampaikan bahwa tujuan acara ini adalah untuk menguatkan hubungan dan sinergi antara dekanat dengan organisasi-organisasi kemahasiswaan yang ada di FUD. Mengingat saat ini FUD sedang dalam proses pemekaran menjadi dua fakultas yaitu Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Dakwah, maka di harapkan ormawa yang ada di FUD bisa berkontribusi.

Acara tersebut juga dihadiri jajaran pimpinan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, perwakilan karyawan akademik, ketua dan sekretaris masing-masing jurusan di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Dr. Hj. Kamila Adnani, M.Si., Sekretaris Jurusan Komunikasi & Penyiaran Islam, sekaligus pemateri workshop menyampaikan materi tentang bagaimana cara organisasi intra kampus bisa menjadi lebih baik. “Seorang pemimpin organisasi itu harus bisa membagi peran, agar semua anggota pengurus itu mendapatkan tugasnya masing-masing, sehingga tidak menimbulkan rasa iri pada setiap anggota.” tuturnya. Lebih lanjut Kamila Adnani berharap agar oganisasi mahasiswa intra kampus di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah diharapkan tetap eksis dan vital dengan cara harus menciptakan rasa memiliki fakultas, harus menjalin kerjasama yang solid, menciptakan manajemen konflik yang produktif, dan harus memiliki jiwa leadership yang baik.

Capacity Building merupakan sarana pendidikan dan pelatihan yang dilakukan di dalam dan luar ruangan dengan rangkaian kegiatan-kegiatan yang menarik.  Sehingga melalui acara ini peserta bisa mendapatkan pengetahuan, mengeksplorasi alam dan berinteraksi dengan sesama peserta, dengan lebih akrab. Untuk itu usai workshop kegiatan dilanjutkan dengan outbond bersama di Candi Mendhut dan rafting di Sungai Elo. Melalui rangkaian acara capacity building FUD ini diharapkan menambah kekompakan antar seluruh ormawa FUD dan dengan dekanat maupun jurusan di FUD. (MgRos/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

 

Edit: JnR

Komentar ditutup.