Bg

Dema IAIN Surakarta Gelar Konferensi Pers Terkait Bedah Buku Haidar Bagir

Diterbitkan tanggal 8 Mei 2017

SINAR – Dewan Mahasiswa (Dema) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menggelar konferensi pers terkait acara Talkshow dan Bedah Buku “Islam Tuhan Islam Manusia” di ruang Senat IAIN Surakara, (Senin, 8/5).

Acara bedah buku yang akan diadakan pada 9 Mei mendatang, mengundang penulis buku Dr. Haidar Bagir, Rektor IAIN Surakarta Dr. H. Mudofir, S.Ag. M.Pd., Dosen Pascasarjana UIN Kalijaga Yoyakarta Dr. Muhammad Yunus Masrukhim, Lc. MA. Ph.D. dan Ketua Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) Ustadz KH. Dr. Mu’inudinillah Basri, Lc. MA.

Ketua Dema Huda Rahman Hakim menyampaikan, bedah buku adalah kegiatan akademik yang lazim diadakan di kampus. Sebelumnya, dia bersama pengurus Dema sudah sering mengadakan acara semacam ini berkali kali dan berjalan lancar, misalnya bedah buku berjudul “Tuhan Maha Asyik” beberapa waktu lalu.

Kali ini talkshow dan bedah buku karya Haidar Bagir. Huda menegaskan, acara ini adalah murni kegiatan akademik untuk menumbuhkan iklim ilmiah di perguruan tinggi, khususnya IAIN Surakarta. “Menumbuhkan budaya literasi dengan membaca, diskusi dan menulis”, terangnya. Acara yang sejenis juga sudah diadakan di beberapa perguruan tinggi, seperti UIN Walisongo Semarang dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Menanggapi adanya penolakan oleh beberapa kelompok, Huda menghormati kebebasan berpendapat. Kampus terbuka terhadap berbagai pendapat. Kebebasan berpendapat juga dijamin Undang-Undang. Namun demikian, menyampaikan pendapat hendaknya disampaikan secara bermartabat, proporsional dan saling menghormati.

Sementara itu, Ketua panitia acara Bustanur Rasyidi menyampaikan bahwa acara yang akan diadakan di Graha IAIN Surakarta tersebut, tetap akan berjalan sesuai dengan agenda. Agar diskusi mendapat perspektif yang luas dan mendalam, panitia tidak hanya mengundang intern kampus tetapi juga lembaga luar kampus seperti Majlis Ulama Islam (MUI) dan Kementerian Agama (Kemenag). Oleh karena itu, peran aktif dari peserta yang hadir dinantikan. Bustanur juga berharap, acara dapat berjalan lancar dan tertib seperti kegiatan-kegiatan yang diadakan sebelumnya. (Win/Humas dan Publikasi). #BanggaIAINSurakarta.

Komentar ditutup.