Bg

Dibuka Dengan Opera Anak, Mahasiswa PIAUD adakan PIAUD EXPO

Diterbitkan tanggal 11 Mei 2018

SINAR-  Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan  (FITK) IAIN Surakarta mengadakan PIAUD Expo dengan mengangkat tema Pesona Anak Indonesia pada Jumat (11/5). Hal ini merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan keilmuan PIAUD dan juga  memberikan kontribusi untuk Pendidikan anak usia dini ungkap Ketua panitia Marsekli Hayungtyas.

Acara yang berlangsung di Graha IAIN Surakarta ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menampilkan diseminasi dan karya produk yang telah dihasilkan oleh mahasiswa PIAUD. Berbagai karya tersebut diantaranya opera tari untuk anak usia dini, klinik media pembelajaran yang kreatif inovatif berbasis multimedia dan alam untuk anak usia dini, dan klinik seni rupa baik 2 dimensi maupun 3 dimensi untuk anak usia dini, tambahnya.

Selain itu juga terdapat pula pertunjukan opera anak yang dibawakan oleh PAUD Mitra IAIN  Surakarta yang berasal dari TK Dharma Wanita Gawanan Colomadu, TK Aisyiyah Ranting 1 Kartasura, RA Perwanida Gatak Sukoharjo, RA Al-Hilal 3 Pucangan, TK Darussalam 01 Pucangan, TK Dharma Wanita 01 Ngadirejo, TK Aisyiyah 1 Pucangan, TK Al-Hilal 1 Kartasura dan PAUD Islam Al-Anis. Opera tersebut merupakan diseminasi buah karya mahasiswa PIAUD yang bekerjasama dengan PAUD Mitra, dengan melibatkan tak kurang dari 250  siswa.

Menurut Tri Utami, M.Pd.I., dosen pengampu mata kuliah Seni Tari dan Drama FITK, kegiatan ini seluruhnya merupakan hasil karya kreatifitas mahasiswa PIAUD angkatan tahun 2016. Dimulai dari mencari ide, membuat kreasi tarian dan drama serta mencari mitra Taman Kanak-kanak yang akan diajak kerjasama hingga persiapan pentas Opera Anak, ini seluruhnya dipersiapkan secara mandiri oleh mahasiswa. “Dibandingkan dengan tahun lalu yang dilakukan hanya oleh mahasiswa sendiri, sekarang saya minta diterapkan ke anak-anak TK secara langsung,” jelas beliau saat ditemui disela-sela acara. “Saya dari awal hanya memantau perjalanan kegiatan mereka. Saya memberi keleluasaan berkreatifitas. Alhamdulillah sampai acara ini terselenggara, semuanya berjalan lancar,” tambahnya. (Zat/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.