Bg

Diklat LPM Dinamika Ke-XV

Diterbitkan tanggal 9 Oktober 2016

SINAR – Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Dinamika Research, telah menyelenggarakan Diklat ke-XV dengan tema Membumikan Pengetahuan Melalui Budaya Penelitian (8-9/10). Acara ini dihadiri Hery Setiyatna M. Pd selaku Pembina dan Mibtadin Anis S. Fil, M.Pd selaku pembicara dan beberapa alumni sekaligus mantan ketua LPM Dinamika di antaranya Musta’in Romli S. Ud, Ahmad Setyawan S. Pd. I dan Heru Suwignyo S. Pd. Kegiatan ini bertempat di Rumah singgah Suprapto dan Sutomo, Dukuh Donorejo, Rt02/08 Desa Segoro Gunung, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah.

Acara ini sebagai program lanjutan penguatan materi metodologi penelitian dan PAR (Partisipation Action Research), yang pada mulanya diberikan oleh Musta’in selaku pembicara ketika sceening pada tanggal 1 dan 17 September lalu.

Ketua panitia, Raha Bistara dalam sambutannya mengatakan acara ini sebagai orientasi pengenalan anggota baru terhadap masyarakat jauh yang belum dikenal dan perlu didengar. Karena daerahnya juga banyak peninggalan bersejarah seperti Goa Jepang dll. Raha juga menambahkan dalam melatih mental dalam intraksi sosial, serta mau berfikir sistematis yang nantinya menjadi realistis, peka terhadap dinamika sosial masyarakat sekitar seperti peka terhadap keadaan pertanian, pendidikan, ekonomi, sosial keagamaan di daerah tersebut.

Hal senada dikemukakan oleh Abdul Aziz Masrury selaku Ketua LPM Dinamika Research dalam sambutannya mengatakan bahwa awalnya peserta ketika scereening kemarin telah disampaikan tentang metode penulisan karya ilmiah secara umum dan kini tinggal praktek materi tersebut yang meliputi pelatihan wawancara, hingga kepenulisan Namun, peserta akan kita tindaklanjuti hingga memiliki buah karya dan dicetak dalam bentuk karya ilmiah. Toh, walaupun belum bisa sempurna sistematikanya, namun yang terpenting hasil data yang nantinya kita olah.

Sebelum berangkat ke lokasi, peserta diberi pengarahan dan pemantapan materi dengan pemberian materi dan teori penelitian dari Hery Setiyatna dalam hal ini menjelaskan bahwa tentang metodologi penelitian dalam berbagai bidang diantaranya metodologi penelitian pendidikan, ekonomi, maupun sosial keagamaaan.

Setelah diberi materi peserta kemudian berangkat ke lokasi dan beberapa panitia mendampingi para peserta yang terdiri beberapa kelompok dan terjun ke masyarakat dalam pencarian data serta mendiskripsikan dari hasil wawancara dengan beberapa warga sekitar maupun menyusun sesuai metodologi pembagian kelompok masing-masing. (Yin/Humas dan Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Sumber: Ahsanur Rofiq Iqbal

Komentar ditutup.