Bg

Donor Darah UKM Mapala Specta IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 8 April 2019

SINAR- Donor darah memang memiliki manfaat yang sangat besar bagi penerimanya. Bukan cuma itu, manfaat ini juga dirasakan oleh mereka yang memberikannya. Ada berbagai hal positif yang bisa kamu dapatkan ketika mendonorkan darah, mulai dari membantu membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah, Hingga menurunkan risiko kanker. Di samping dari manfaat kalau dengan mendonorkan darah kamu telah membantu orang lain yang sedang berjuang melawan penyakit tertentu.

Berkaitan dengan program kerja yang telah disusun Mahasiswa Pencinta Alam SPECTA mengadakan Donor Darah dan Cek Kesehatan Senin, (8/4) di Laboratorium lt.1 IAIN Surakarta. Berkerjasama dengan PMI Sukoharjo dan Apotek Medisland. Terdapat doorprize bila beruntung bagi pendonor yang telah mendonorkan darahnya. Donor darah ini menjadi kegiatan rutinan Mahasiswa Pencinta Alam SPECTA sebulan sekali dan setiap bulannya berada di tempat-tempat berbeda. Donor darah pertama di tahun 2019 berada di Laboratorium, nah bisa saja bulan berikutnya berada di perpustakaan, fakultas FIT, fakultas Syariah, fakultas FEBI atau lain sebagainya.

Banyak antusias dari mahasiswa untuk melakukan donor darah dan melakukan cek kesehatan. Dari kegiatan donor darah ini kami mendapatkan 38 kantong terdapat golongan darah A dan O saja karena dari PMI Sukoharjo hanya mematok darah A dan O saja, karena golongan darah B dan AB sudah overload jadi untuk golongan darah B dan AB bisa donor lain kesempatan.  Sedangkan dalam kegiatan cek kesehatanpun juga mendapat antusias yang banyak kurang lebih ada 51 orang yang cek kesehatan, mengingat kesehatan itu penting ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Nah dengan adanya ini dapat mengetahui keadaan kesehatan pasien bagaimana. Dalam donor darah terdapat kurang lebih 20 orang ada  yang tertolak karena belum memenuhi syarat secara medis. (Gie/Humas Publikasi)

Sumber : Sesam/Humas dan Publikasi Mapala SPECTA

Komentar ditutup.