Bg

Dr. KH. Syamsul Bakri: Refleksi Perjuangan Dakwah Raden Mas Said

Diterbitkan tanggal 20 Oktober 2020

SINAR- Selasa (20/10) UKMI Nurul Ilmi IAIN Surakarta melanjutkan serangkaian acara Seminar Nasional Akademik yang dimulai sejak 19 – 20 Oktober 2020. Memasuki hari kedua, UKMI Nurul Ilmi mengangkat tema “Mengenal Lebih Dekat IAIN Surakarta Menuju UIN Raden Mas Said”. Kemudian, harapan ketua umum UKMI Nurul Ilmi terkait adanya acara ini adalah agar mahasiswa lebih mengenal kampus IAIN Surakarta yang akan bertransformasi menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta. Selain itu, dirinya juga berpesan kepada peserta seminar agar tidak melupakan sejarah dan keteladanan tokoh nasional yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Pada kesempatan ini, Seminar Nasional Akademik menghadirkan pembicara yang spesial yaitu Bapak Dr.H.Syamsul Bakri,M.Ag. Beliau adalah Wakil Rektor III IAIN Surakarta dan dimoderatori oleh saudara Tio Imam Hakim mahasiswa IAIN Surakarta. Dalam acara ini, beliau menyampaikan bahwa insyaallah akhir tahun 2020 IAIN Surakarta akan bertransformasi menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta.

Setelah itu, beliau juga mengenalkan tokoh Raden Mas Said dan menyampaikan alasan mengapa memilih UIN Raden Mas Said sebagai nama pengganti IAIN Surakarta kepada peserta seminar. Salah satu alasan dipilihnya nama UIN Raden Mas Said karena sosok Raden Mas Said adalah putra asli dari Kartasura. Lahir di Kartasura dan berjiwa nasionalisme. Semangat anak daerah yang mempunyai jiwa nasionalis dan visioner perlu ditekankan sebagai semangat didalam dunia pendidikan kita. Pendidikan tidak mengenal kasta tetapi kepada nilai akademik dan kemanfaatan bagi orang lain. Dan salah satu dasar yang wajib diketahui oleh para da’i dalam berdakwah adalah sisi kemanfaatan bagi sesama, itu ada pada Raden Mas Said”, tuturnya. (Gie/ Humas Publikasi)

Sumber: Wichang UKMI

Komentar ditutup.