Bg

Dr. Syamsul Bakri: Pokok Masalah Adalah Selisih Dari Realitas Dengan Idealitas

Diterbitkan tanggal 14 Agustus 2017

SIANR- Dr. Syamsul Bakri dalam acara Kelas Mahir Menulis Artikel Jurnal Ilmiah mengajak para peserta untuk menemukan pokok masalah sebelum memulai menulis ilmiah. Acara yang diselenggarakan oleh Sub BAgian Kemahasiswaan untuk mahasiswa Bidikmisi Angkatan 2015, Senin (14/8) di Aula Rektorat ini diharapkan dapat menelurkan bibit-bibit penulis dimasa yang akan datang.

Acara yang dilaksanakan selama tiga hari kedepan (14-16 Agustus 2017) diisi oleh para pemateri yang sudah sukses sebagai penulis. Salah satunya Dr. Syamsul Bakri, M.Ag (Penulis Buku Palu Arit Dalam Bulan Sabit). Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bisang Kemahasiswaan dan Kerjasama ini mengungkapkan hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai menulis adalah menemukan pokok masalah yang akan dibahas. Pokok masalah ini yang akan menjadi nahkoda dalam penulisan agar tidak terlalu melebar.

Materi yang disampaikan oleh Dr. Syamsul Bakri secara interaktif membuat para peserta menjadi lebih antusias. Setiap peserta diminta untuk menemukan pokok masalah. ” Buatlah kalimat yang berisi selisih antara realitas dan idealitas”, pinta Dr. Syamsul. Dengan cepat para peserta membuat kalimat dan membacakannya didepan para peserta lain kemudian dianalisis dan didiskusikan bersama Dr. Syamsul Bakri.

“Tanpa kemahiran mengenal pokok masalah maka tidak mungkin bisa menulis ilmiah”, katanya. Dr. Syamsul juga membantu mahasiswa peserta kegiatan untuk merangkai kalimat yang “pas”. “Jangan kebablasan tapi juga bermakna lugas dan mengandung pokok masalah yang jelas dan dapat dicerna”, ungkapnya. (Gie/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.