Bg

Fakultas Syariah IAIN Surakarta Adakan Workshop Review Kurikulum Tiga Jurusan

Diterbitkan tanggal 14 Agustus 2017

SINAR – Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan, Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta gelar Workshop Review Kurikulum Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam dan Hukum Pidana Islam, Senin (14/8). Acara yang dihadiri oleh para Pimpinan dan Dosen Fakultas Syariah ini diadakan di Ruang Rapat Lantai III Fakultas Syariah.

Menurut Dekan Fakultas Syariah, Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag., salah satu tujuan utama forum ini adalah menindak lanjuti paska perubahan Gelar Akademik menjadi Sarjana Hukum dan Sarjana Ekonomi. Agenda utama dalam kegiatan ini adalah meninjau dan merumuskan kembali kurikulum untuk mata kuliah di Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Islam (HES), Hukum Keluarga Islam (HKI) dan Hukum Pidana Islam (HPI).

Workshop ini menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya, yakni Prof. Dr. Khoiruddin Nasution, MA., Dr. Ahmad Yani Anshori, M.Ag., dan Dr. Syafiq Mahmadah Hanafi, M.Ag.

Prof. Dr. Khoiruddin Nasution dalam paparannya secara umum menyampaikan tentang bagaimana penyusunan kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Selain itu, Prof. Khoiruddin juga memberikan pesan agar para dosen memberikan semangat berprestasi kepada para mahasiswa dalam proses perkuliahan.

Sementara itu, Dr. Yani memberikan ulasan lebih detail, termasasuk evaluasi Visi Misi Fakultas Syariah dan mata kuliah Prodi HKI dan HPI. Diantara poin penting yang disampaikan adalah dalam penyusunan kurikulum hendaknya mengacu pada kebutuhan masyarakat. Selain itu, Dr. Yani juga mengungkapkan syarat wajib yang diharus dilalui sebagai lulusan bergelar Sarjana Hukum.

Adapun pembicara ketiga, Dr. Syafiq mengulas pada Prodi HES. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) UIN Yogyakarta ini meninjau ulang Visi Misi Prodi HES. Hal ini karena, hasil Tracer Study (studi pelacakan jejak lulusan/alumni), lulusan HES sudah beralih bukan lagi menjadi Hakim, tetapi yang lain. Untuk itulah, diperlukan peninjauan kembali mata kuliah HES.

Dr. Usman yang bertindak sebagai moderator acara berharap review kurikulum Fakultas Syariah dalam workshop seperti ini, dengan pembicara dari praktisi dan akademisi, diharapkan dapat menjadi masukan untuk diskusi dalam perumusan kurikulum Prodi-Prodi di Fakultas Syariah. (Win/Humas dan Publikasi). #BanggaIAINSurakarta.

Komentar ditutup.