Bg

FGD Simulasi Akreditasi Jurnal IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 12 April 2018

SINAR- Kamis (12/04) Omah Jurnal IAIN Surakarta kembali mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Simulasi Akreditasi Jurnal IAIN Surakarta. FGD ini dihadiri oleh Wakil Rektor I dan II serta Ketua Omah Jurnal serta perwakilan dari Dekan Fakultas. Kegiatan ini diadakan sebagai evaluasi akhir terhadap jurnal-jurnal yang akan maju akreditasi pada tahun 2018 ini. Tercatat ada empat jurnal yang direncanakan maju akreditasi tahun ini, yakni Jurnal Dinika, Jurnal Syirkah, Jurnal Al-A’raf dan Al-Balagh. Yang pertama adalah jurnal institut sedangkan tiga berikutnya adalah jurnal fakultas.

FGD ini dilaksanakan selama dua hari Kamis-Jumat (12-13 April 2018) di Hotel Megaland dan dihadiri oleh para pengurus dari masing-masing jurnal. Yusuf Rohmadi sebagai ketua dan penggerak Omah Jurnal menyatakan bahwa Omah Jurnal sudah memasuki tahun ketiga dari proses awal perintisannya. Meskipun sudah ada kemajuan-kemajuan yang cukup signifikan, evalusi tetap harus dilakukan secara berkala apalagi menjelang akreditasi.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, Lc.M.Ag., menyatakan dukungannya secara penuh terhadap acara ini. Beliau menyatakan bahwa kampus seharusnya melaksanakan dua hal yakni pelayanan publik dan rekognisi. Secara umum, pihak kampus baik institut maupun fakultas memberikan dukungan secara penuh terhadap kegiatan-kegiatan untuk kemajuan kampus termasuk kegiatan di Omah Jurnal. Sedangkan rekognisi menurut beliau adalah usaha pengenalan kampus terhadap dunia luar yang salah satunya diemban oleh Omah Jurnal yang memproduksi ilmu pengetahuan melalui artikel-ertikel ilmiah. Kedua potensi ini menjadi sarana untuk membesarkan kampus IAIN Surakarta ke depannya.

FGD ini menghadirkan Ismail Suardi Wekke, salah seorang penulis produktif dari STAIN Sorong sekaligus Assesor Jurnal dan Muhammad Nida Fadlan dari Studia Islamika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Fadlan secara khusus mengomentari, mengkritik dan memberikan masukan terhadap jurnal-jurnal yang akan maju akreditasi pada tahun ini atau yang masih persiapan di tahun berikutnya. Dengan kegiatan ini, diharapkan jurnal-jurnal di lingkungan IAIN Surakarta semakin siap maju akreditasi sehingga memperoleh hasil yang maksimal. (JnR/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Sumber: Omah Jurnal

Komentar ditutup.