Bg

Formasi Kembali Gelar Silatbar Usai Satu Tahun Berhenti Pasca Pandemi

Diterbitkan tanggal 19 Oktober 2021

SINAR- FORFEST (FORMASI FESTIVAL) 2021 merupakan serangkaian acara besar FORMASI UIN Raden Mas Said Surakarta, digelar sebagai ajang tahunan dan perayaan milad FORMASI UIN Raden Mas Said Surakarta yang ke-6. Acara ini dilaksanakan dengan persiapan dalam kurun waktu 1 bulan, yang dimulai dari pertengahan September hingga puncak acaranya pada tanggal 19 Oktober 2021. Tema kegiatan pada kespatan kali ini yaitu “Mewujudkan Generasi Z yang Solid, Kreatif, dan Berbudaya dalam Menyongsong Era Bonus Demografi di Masa Pandemi”.  Acara ini dimeriahkan oleh  festival lomba, talkshow dan silaturrahmi akbar serta acara pamungkas yaitu Formasi Institute of Performing Arts (FIPA) yang bertempat di Graha UIN Raden Mas Said Surakarta.

FORFEST 2021 diawali dengan festival lomba bagi mahasiwa mulai dari tingkat internal kampus hingga nasional. Cabang lomba yang diselenggarakan antara lain : Lomba Futsal, debat mahasiswa dan Puitisasi Al-Qur’an tingkat internal Mahadiksi. Lomba poster tingkat kampus UIN Raden Mas Said Surakarta dan terakhir yaitu lomba essay tingkat nasional. Selanjutnya event ini juga menyelenggarakan talkshow dan silaturrahmi akbar bagi para mahasiswa bidikmisi dan KIP Kuliah yang dimoderatori oleh Mirta Ulfah Rufi Widya Jannah (Duta Ekonomi Syariah 2021) dengan mengundang Rektor UIN Raden Mas Said Surakarta, Prof. Dr. H. Mudhofir, S.Ag., M.Pd. serta bintang tamu yang sangat inspiratif antara lain: Afrizal Mufti (Duta Bahasa Provinsi Jawa Tengah 2019), Lusiana Pratiwi, S.pd. (Awardee LPDP UNS 2019) dan Muhammad Fikri Mubarak (Co-Founder BSFLY.ID) yang tak lain merupakan ketua FORMASI UIN Raden Mas Said Surakarta Tahun 2020.

Acara FORFEST diakhiri dengan FORMASI Institure of Performing Arts (FIPA). Dimana acara tersebut merupakan pertunjukkan seni dan budaya dari mahasiswa FORMASI UIN Raden Mas Said Surakarta yang menampilkan bakat–bakatnya seperti: Pertunjukkan Seni Tari, Galeri Pameran Seni Rupa, Konser Musik hingga Screening Film Pendek. Formasi Institute of Performing Arts (FIPA) merupakan event perdana yang diselenggarakan oleh FORMASI UIN Raden Mas Said Surakarta untuk memeriahkan serangkaian acara FORFEST 2021 dalam perayaan milad FORMASI yang ke-6. Event ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. KH. Syamsul Bakrie, S.Ag., M.Ag. dan sekaligus membuka event FIPA yang diselenggarakan pada tanggal 19 Oktober 2021. Tak hanya itu, acara tersebut juga dihadiri oleh para tamu undangan mulai dari delegasi UKM/UKK UIN Raden Mas Said Surakarta, Komadiksi SMART UNS, Alumni Bidikmisi UIN Raden Mas Said Surakarta serta Pengurus Cabang Permadani Diksi cabang Solo Raya. Tak hanya penampilan seni dan budaya, acara FIPA juga dimeriahkan dengan Bazaar dari komunitas enterpreneurship FORMASI yang tergabung dalam perkumpulan enterpreneur muda mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah yang bernama “WAROONG”.

Dalam acara talkshow dan silaturrahmi akbar FORFEST 2021 saudara Panji Putra Ariyanto pada sesi sambutan, menuturkan “FORMASI Festival merupakan wujud nyata komitmen FORMASI dalam merealisasikan entitas tridarma Perguruan Tinggi, pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat yang diwujudkan melalui serangkain acara FORMASI Festival”. Jelasnya.

FORFEST 2021 menjadi bukti bahwa FORMASI UIN Raden Mas Said Surakarta memiliki sumber daya mahasiswa yang mumpuni,profesional dan berbakat dalam rangka mengisi Hari Sumpah Pemuda yang ke – 93 dan Dies Natalis FORMASI UIN Raden Mas Said yang ke – 6. Harapan segenap mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah UIN Raden Mas Said Surakarta adalah Jadikan FORMASI UIN Raden Mas Said Surakarta adalah wadah dan tempat belajar yang humanis, produktif, toleran serta menjunjung tinggi moderasi beragama untuk FORMASI UIN Raden Mas Said Surakarta yang lebih maju dan beradab. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan kedepannya Formasi UIN Raden Mas Said bisa tetap eksis dan mampu menjadi wadah penampung kreativitas, minat serta bakat dari para mahadiksi di UIN Raden Mas Said pada khususnya. (Nughy/ Humas Publikasi)

Sumber: FORMASI

Komentar ditutup.