Bg

Gali Potensi Anak, KKN Mandiri Minggarharjo Gelar Festival Anak Sholeh dan Anak Kreatif

Diterbitkan tanggal 29 Juli 2019


 SINAR- KKN Mandiri Minggarharjo adakan festival perlombaan karya seni dan agama untuk anak-anak desa dan santri-santri TPQ sedesa Minggarharjo. Acara tersebut dilaksankan di Desa Minggarharjo Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri (28/7).

Kegiatan ini adalah salah satu dari rangkaian pengabdian mahasiswa KKN Mandiri IAIN Surakarta terhadap masyarakat Minggarharjo khususnya dalam bidang pengembangan potensi kreatifitas anak dan pengembangan keagamaan santri-santri TPQ di Desa Minggarharjo. Berupa perlombaan seni rupa untuk kalangan anak-anak di Desa Minggarharjo dan perlombaan wawasan keagamaan untuk kalangan seluruh murid TPQ yang ada di Desa Minggarharjo.

Acara ini berlangsung selama 3 hari mulai dari hari Jum’at 26 Juni 2019 sampai Minggu 28 Juni 2019. Terdapat beberapa rangkian acara dalam festival ini diantaranya pada hari pertama diadakan acara pembukaan festival sekaligus lomba kolase, lomba menggambar, dan lomba mewarnai , Dilanjutkan hari kedua lomba praktek wudhu dan lomba praktek adzan dan iqomah, lalu pada hari ketiga terdapat lomba bacaan do’a sehari-hari dan lomba praktik sholat. Di sela-sela acara untuk anak-anak yang tidak ikut lomba juga diadakan nonton bareng film kartun Islam berupa tokoh-tokoh 4 sahabat nabi Muhammad SAW. Hal ini untuk memperkenalkan anak-anak mengenai kisah hikmah empat sahabat nabi Muhammad SAW.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara KKN Minggarharjo dan FKK ( Forum Komunikasi dan Koordinasi) ustadz-ustadz TPQ se-Minggarharjo.

Menurut ketua pelaksana Wahid Nurul Ikhsan, “Kegiatan ini merupakan salah satu Program Kerja (Proker) dari KKN Mandiri Minggarharjo yang selaras dengan tema dari  kampus yaitu KKN  berbasis riset dan masjid. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menggali dan memfasilitasi potensi anak-anak di desa Minggarharjo dalam hal pengembangan kreatifitas seni  dan keagamaan.

Mahasiswa KKN mencoba berbagi ilmu dengan FKK tentang administrasi organisasi dan event organizer sebuah kegiatan/acara. Harapan saya setelah acara ini kreatifitas anak berkembang serta semangat mendalami Agama Islam lebih tingi  dan tentunya FKK lebih bisa memfasilitasi para santri demi kemajuan Agama Islam”

Kegiatan tersebut diakhiri dengen sesi pamitan serta foto bersama antara Mahasiswa KKN Minggarharjo dan para santri TPQ. (Gie/Humas Publikasi)

Sumber: Reporter Dimyati

Komentar ditutup.