Bg

Grup Senandung Jiwa Jadi Juara Festival KloTheKan #4, Yang Lain Coba Lagi Tahun Depan

Diterbitkan tanggal 23 Mei 2019

SINAR- Festival Klothekan #4 yang diselenggarakan oleh UKM teater Sirat IAIN Surakarta sempat menyedot perhatian masyarakat. Pasalnya musik rakyat yang hampir hilang ini diangkat kembali di lingkungan akademisi kampus. Hingga sedot peserta dari berbagai daerah di wilayah Surakarta dan Semarang, lebih dari 34 grup musik perkusi kreatif turut memeriahkan acara tahunan ini.

Dari 34 grup peserta yang tampil selama dua hari (22-23/5), dengan berbagai aransemen lagu, berbagai kostum unik dan berbagai kriteria lain maka para dewan juri memutuskan Grup Senandung Jiwa yang berhak menyandang juara I dalam festival klothekan #4 tersebut. Juara 2 & 3 masing-masing adalah Grup GG dan Grup OtokOblonk.

Selain itu, kriteria kostum terunik dimenangkan oleh Grup Specta. Sedangkan piala Juara Umum dan Performa terbaik dibawa oleh Grup GG. Dari sekian grup yang beradu kreatifitas bermusiknya, Grup Erlangga dari SDN Serengan 2 Surakarta menuai tepuk tangan yang meriah sebagai tanda telah menjadi peserta terunik. Selain olah aransemen yang berbeda-beda dalam dua hari kompetisi, Grup Erlangga berasal dari berbagai umur yang masih belia. Untuk itu para juri menghadiahkan piala peserta terunik. Di sisi lain Grup Omega menjadi tim terfavorit menurut survei penonton.

Wakil Rektor III bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr.H.Syamsul Bakri, M.Ag yang diwakili oleh H. Pudji Rahardjo Rudi Hartono, AKS (Kabag Akademik dan Kemahasiswaan) mengatakan bahwa musik klothekan sudah berubah fungsi dari fungsi sosial yakni membangunkan orang untuk bangun dan makan sahur berubah menjadi sebuah sebuah hiburan yang unik di era milenial ini. Namun, sebagai bangsa yang besar kita wajib melestarikan warisan budaya adiluhung para pendahulu kita”, tuturnya. (Gie/Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.