Bg

HMPS TBI Motivasi Mahasiswa Jadi Wirausahawan Sukses di Usia Muda

Diterbitkan tanggal 5 Juni 2021

SINAR- Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia  (HMPS TBI) sukses menggelar seminar kewirausahaan dengan tema “Mahasiswa Berwirausaha, Sukses di Usia Muda” pada Sabtu, (05/06). Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui platform Google Meet mulai pukul 13.00-15.30 WIB. Berawal dari inisiasi mata kuliah kewirausahaan Islami Prodi TBI, maka terselenggaralah seminar yang menghadirkan dua narasumber hebat ini, yakni Iman Fakhrudin selaku Co Founder Berita DIY Group, dan Fella Vidia Fravisdha selaku CEO Clemira Productions.

“Seminar kewirausahaan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa TBI dalam berwirausaha. Sebab selain menjadi pendidik, profil lulusan tambahan TBI juga bisa menjadi wirausahawan dalam berbagai bidang, tergantung potensi mana yang ingin kalian kembangkan.” tutur Kaprodi TBI, Dr. Siti Isnaniah, M.Pd. dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut hadir pula, Prof. Dr. Toto Suharto, M.Ag. Dekan Fakultas Adab dan Bahasa untuk membuka acara. Beliau mengatakan bahwa di zaman sekarang wirausaha hanya perlu jiwa saja, misalnya keilmuan mahasiswa TBI masuk ke dunia usaha itu sangat mungkin. Terjun ke penerbitan, khususnya editor naskah. Hal tersebut tentu memerlukan keilmuan di bidang bahasa. Kemudian mengembangkan bisnis online shop. “Perusahaan besar yang tidak melakukan branding melalui media sosial akan kalah dengan ibu rumah tangga, sebab merekalah yang menguasai wirausaha online saat ini.” jelasnya.

Sementara itu, narasumber pertama, yakni Iman Fakhrudin menjelaskan alasannya memilih berwirausaha di media online. Pertama, semua informasi yang tersedia di laman Google seperti cara mengoperasikan Google Meet dan lain-lain bersumber dari media publisher. Maka dari itu, sumbangsih media publisher memiliki andil yang besar. Kedua, banyak produk yang kini mulai dipasarkan secara online dalam bentuk iklan, dari pembuatan iklan inilah menjadi sumber penghasilan tambahan bagi mereka. Ketiga, pendapatan yang diperoleh melalui wirausaha media online ini telah melampau ekspektasi awal. Kini berita DIY group telah banyak memiliki client mulai dari Bank BRI, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kominfo, Shopee Pay, Mitsubishi Motors, dan Tokopedia.

Ditambakan oleh narasumber kedua, Fella Vidia Fravisdha bahwa untuk menjadi pengusaha yang sukses apalagi bagi yang baru merintis dari awal akan banyak sekali tantangan dan risiko yang dihadapi. Mulai dari modal, konsisten, dan lain-lain. Oleh karena itu diperlukan lima langkah dalam memulai bisnis di masa muda, yakni memiliki perencanaan yang matang, menyusun perencanaan keuangan yang ideal sebab sebagian besar bisinis dimulai dengan modal yang sangat kecil, mengatur waktu untuk belajar, dan memanfaatkan situasi untuk menghasilkan keuntungan.

Pada akhir acara, kedua narasumber memberikan wejangan bahwa “jika kalian saat ini belum mengetahui passion kalian, maka bekerjalah cari uang sebanyak mungkin, dan keluarlah dari zona nyaman, lakukan yang berbeda. Semakin besar impian, maka semakin besar pula tantangan yang harus dihadapi beserta rezeki yang akan kita terima” jelas keduanya. (Gie/ Humas Publikasi)

Sumber: Tiya Agustina

Komentar ditutup.