Bg

IAIN Surakarta Bersiap Mengikuti AICIS 2015

Diterbitkan tanggal 2 September 2015

SINARUntuk kesekian kalinya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta berpartisipasi dalam Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) 2015 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia. AICIS 2015 akan digelar di IAIN Manado, Sulawesi Utara pada Kamis hingga Minggu (3-6/9).

logo aicis 2015AICIS merupakan konferensi keilmuan Islam internasional tertinggi yang dimiliki oleh Diktis. Konferensi ini bertujuan untuk memberikan kesempatakan kepada para akademisi dan peneliti untuk mengenalkan hasil karya mereka serta membagikan ide-ide mereka di kancah internasional. AICIS ke XV mengangkat tema utama Harmony in Diversity: Promoting Moderation and Preventing Conflicts in Socio-Religious Life (Bhinneka Tunggal Ika: Membumikan Islam Moderat dan Mencegah Konflik Kehidupan Sosial Beragama). Tema ini ditujukan untuk menanggapi isu-isu sosial, politik, dan agama yang sedang berlangsung di banyak negara di dunia.

Dari 95 makalah yang lolos dan akan dipresentasikan dalam konferensi internasional tersebut, terdapat empat makalah dari IAIN Surakarta. Makalah tersebut berjudul (1) Menakar Kinerja Perbankan Syariah di Indonesia berbasis Maqashid Syariah Index oleh Indah Piliyanti, S.Ag, M.S.I, (2) Fenomena Hotel Syariah dan Misi Agama: Studi Eksistensi dan Misi Hotel Syariah di Surakarta oleh Muthoifin, (3) Damai Yes, Konflik No, Menggagas Sinergitas dan Harmonitas Antar Kelompok Perspektif Mahfudzat oleh Nuha Muthoifin dan Mujiburrohman, dan (4) In search of Moderate Islamic Education in Indonesia: The Educational Ideas of Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama oleh Toto Suharto.

Bagian Humas dan Publikasi turut berpartisi dalam AICIS 2015. “Kami akan mengikuti pameran yang diselenggaran pada AICIS 2015 di IAIN Manado. Kami sudah memesan stand jauh-jauh hari. Di expo nanti kami akan membagikan buku karya dosen, profil dalam bentuk CD, video profil, jurnal, dan berbagai souvenir lainnya. Hal ini dapat menjadi media promosi institusi yang cukup efektif dan untuk mengenalkan IAIN Surakarta di kancah nasional sekaligus internasional,” terang Kusnianto, selaku Kasubag Humas dan Publikasi. (yin)

Komentar ditutup.