Bg

IAIN Surakarta Career Center (ICC) Selenggarakan Klinik Karir

Diterbitkan tanggal 30 September 2019

SINAR- Menjelang wisuda yang bakal digelar beberapa hari kedepan, IAIN Surakarta melalui IAIN Surakarta Career Center (ICC) menyelenggarakan klinik karir pada Senin, (30/9). Bertempat di Aula Gedung Rektorat Lantai III klinik karir yang mengangkat tema, “Persiapan Sukses Karier di Dunia Kerja” tersebut disambut antusias oleh ratusan peserta baik yang sebentar lagi wisuda ataupun yang masih aktif kuliah. Panitia menyampaikan ada lebih dari 200 peserta yang tertarik dan mendaftar untuk mengikuti acara tersebut, namun panitia hanya membatasi maksimal 150 peserta.

Dalam kesempatan ini ICC menghadirkan dua narasumber yang sarat akan pengalamannya di dunia kerja yaitu Ade Yuliar, M.M. selaku ex. HRD Bank Syariah Mandiri yang sekarang menjadi Dosen PNS di IAIN Surakarta dan Ernawati, S. Psi., M. Si. selaku ketua ICC, Konselor dan juga trainer. Kemudian acara dipandu oleh Khoiris Sholikhin sebagai moderator. Ia mengawali acara tersebut dengan sedikit memberikan gambaran tentang persaingan dunia karir yang begitu ketat, maka sebagai mahasiswa harus mempersiapkan diri baik dari segi akademik maupun keahlian lain diluar akademik sebagai penunjang karir, katanya.

Sementara itu pembicara pertama Ernawati, S. Psi., M. Si. Banyak menjelaskan tentang persiapan awal dalam mencari pekerjaan berikut tahapan-tahapannya. Beliau mengupas secara detail dan membagi tahapan-tahapan tersebut menjadi tiga. Ada tiga tahapan awal sebelum akhirnya diterima kerja. Yang pertama mencari info pekerjaan dari berbagai sumber, yang kedua mempelajari persyaratan dan mempersiapkannya dan yang ketiga mengikuti rangkaian seleksi yang ditetapkan, paparnya.
Selanjutnya narasumber yang kedua Ade Yuliar, MM menyampaikan mengenai bagaimana cara membuat curriculum vitae yang menarik. Selain itu ia juga membagikan tips dan trik lolos seleksi PNS mulai dari strategi Computer Assisted Test (CAT) yang meliputi penjelasan tentang karakteristik soal CAT hingga metode belajar dan Strategi memilih formasi.(Zat/ Humas dan Publikasi)

Sumber: Izzatussariroh

Komentar ditutup.