Bg

IAIN Surakarta Gandeng IPTABI dan Balai Bahasa Jateng Adakan Lokakarya Pengajaran Bahasa Indonesia

Diterbitkan tanggal 9 April 2018

SINAR- Senin (9/4) Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) IAIN Surakarta mengadakan Lokakarya Pengajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing di Lor In Hotel Resort selama dua hari kedepan. Acara ini dihadiri oleh para pengajar maupun pengelola BIPA baik dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) maupun non PTKI di berbagai daerah di Indonesia diantaranya Universitas Negeri Makasar, UIN Jakarta, IAIN Tulungagung, IAIN madura, IAIN Cirebon, UNS, IKIP PGRI Kediri UIN Malang dan UNSOED Purwokerto.

Terselenggaranya acara ini bertujuan untuk mengimplementasi UU no 24 tahun 2009 pasal 29 dan 32 mengenai Bahasa Indonesia wajib digunakan sebagai bahasa pengantar dalam pendidikan nasional dan  Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam forum yang bersifat nasional atau forum yang bersifat internasional di Indonesia. Bahasa Indonesia dapat digunakan dalam forum yang bersifat internasional di luar negeri, ujar Dr.Siti Isnaniah , S.Pd., M.Pd. selaku Ketua BIPA IAIN Surakarta.

Oleh karena itu panitia menghadirkan tiga narasumber yang merupakan representasai dari tiga kementrian, yaitu Kementerian Agama oleh Dr. H. Giyoto. M.Hum yang merupakan Penanggung Jawab BIPA IAIN Surakarta, Kemenristek DIKTI oleh Dr. Cahyaningrum Dewojati, S.S., M.Hum. seorang praktisi BIPA  INCULS UGM Yogyakarta dan Emma Maemunah, S.Pd., M.Hum dari  Balai Bahasa di tingkat Provinsi yang merupakan kepanjangan tangan dari Kemendikbud Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Selain itu Isnaniah yang juga merupakan Ketua IPTABI (Ikatan Prodi Tadris Bahasa Indonesia) sedikit menjelaskan mengenai IPTABI. Beliau menceritakan IPTABI didirikan pada tahun 2017 di UIN Jakarta  yang dihadiri oleh dosen dari berbagai PTKI di Indonesia dan Pengelola Prodi Tadris Bahasa Indonesia (TBI) di seluruh Indonesia. Kebetulan saat itu IAIN Surakarta terpilih sebagai ketua IPTABI tahun2017-2022. IPTABI merupakan organisasi profesi yang bersifat ilmiah independen dan tidak terikat pada kepentingan kelompok tertentu memiliki tujuan untuk pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesia terutama di perguruan tinggi keagamaan islam, IPTABI memiliki tiga bidang pengembangan yaitu pengembangan managemen bidang studi, pengembangan SDM dan pengembangan publikasi ilmiah. Di akhir sambutannya Isnaniah mengucapkan “Selamat mengikuti lokakarya semoga kita semua mendapatkan ilmu untuk akselerasi bahasa indonesia di tingkat internasional”.

Sementara itu Dr. H. Giyoto. M.Hum mewakili Rektor IAIN Surakarta mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dari berbagai wilayah, Terimakasih atas terselenggaranya acara ini, pertemuan ini menyangkut angan-angan seluruh perguruan tinggi dan angan-angan mahasiswa asing dalam rangka PTKI go internasional. Beliau berharap dengan adanya  pertemuan ini dapat menghasilkan sesuatu yang berimplikasi dan menghasilkan kebijakan serta rekomendasi-rekomendasi yang dapat kita sampaikan pada Dirjen Pendis Kementerian Agama. (Zat/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Editor:JnR

Komentar ditutup.