Bg

IAIN Surakarta Jadi Nominator Penghargaan Adiktis Kategori PTKI dengan Mahasiswa Berprestasi Internasional

Diterbitkan tanggal 30 Desember 2020

SINAR- Pada hari penganugerahan Apresiasi Pendidikan Islam (Adiktis) Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama, IAIN Surakarta menajdi salah satu nominator dalam salah satu kategori yang diberikan penghargaan, Rabu (30/12). IAIN Surakarta menjadi nominator dalam kategori PTKI dengan Mahasiswa Berprestasi Internasional. Disejajarkan dengan UIN Sumatera Utara Medan dan UIN Walisongo Semarang. Walaupun hanya masuk juara harapan namun terselip harapan semoga setelah alih status menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta nantinya dapat menyabet berbgai kejuaraan internasional lainnya dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

Perlu diketahui, penghargaan Adiktis adalah bagian dari rangkaian kegiatan untuk memberikan apresiasi atas kiprah dan prestasi yang diraih oleh para civitas akademika di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Prof. Dr. Suyitno, M.Ag mengatakan bahwa apresiasi ini merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap para dosen dan mahasiswa berprestasi, kreatif dan inovatif, yang mampu mengharumkan nama baik perguruan Tinggi Keagamaan Islam di tingkat nasional dan internasional.

Menurut laporan yang disampaikan Prof. Dr. Suyitno, M.Ag., Adiktis merupakan penghargaan terhadap capaian tertinggi pada beberapa aspek tertentu yang diraih Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Dengan banyaknya prestasi yang dimiliki oleh para civitas akademika PTKI, Dirjen sangat optimis bahwa pendidikan Islam Indonesia akan menjadi kiblat dan model kajian pendidikan Islam dunia.

Sementara itu, Deputi Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Agus Sartono menyatakan, target Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK PT) pada 2025 adalah 35 persen. Kemudian, pada 2035 adalah 50 persen, dan 2045 60 persen.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Imam Makruf, M.Pd yang mewakili Rektor IAIN Surakarta yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa, kita patut berbangga karena prestasi mahasiswa di tingkat internasional dapat menjadi salah satu indikator upaya kita untuk mewujudkan visi institusi menjadi word class islamic university. Semoga semakin banyak prestasi-prestasi yang dapat kita torehkan dalam berbagai bidang”, tuturnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama pun turut memberikan apresiasi kepada mahasiswanya yang telah menyumbangkan piala yang berkelas internasional kepada Kampus IAIN Surakarta. “Terutama kepada Muhammad Fadel Satrio yang telah menyumbangkan Piala Juara 1 (Tanding Kelas A Putra, Kejuaraan Pencak Silat Paku Bumi
Open Vlll, 2020) dan Juara 3 (Seni Tunggal Putra, Kejuaraan Internasional Pencak Silat Paku Bumi Open Vlll, 2020)”, ucapnya. Dr. H. Syamsul Bakri, M.Ag juga mengucapkan terima kasih kepada UKM GAS 21 dan UKM Pencak Silat yang telah menorehkan nama IAIN Surakarta dikancah internasional. Ini bukan sebuah kebetulan, tetapi hal ini telah menjadi salah satu fokus pengembangan di bidang kemahasiswaan, dengan berbagai macam latihan, pendampingan dan gelontoran pendanaan untuk mahasiswa”, ucapnya. Ini masih pemanasan, dengan optimisme yang tinggi, ke depan mahasiswa kami akan terus berkembang dan tampil sejajar di kancah internasional”, harapnya.

Rektor IAIN Surakarta, Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd., turut memberikan pujian kepada mahasiswa, dosen dan pegawai yang telah berkontribusi untuk mendapatkan penghargaan di acara Adiktis tersebut. Rektor berharap prestasi-prestasi ini bisa menjadi pemicu di kalangan internal IAIN Surakarta untuk terus berkembang dan berprestasi. Prestasi ini semoga dapat memicu prestasi-prestasi lain”, tuturnya. Semakin bertambahnya prestasi kita maka pengakuan masyarakat terhadap kampus kita pun semakin meningkat pula”, ucapnya. (Gie/ Humas Publikasi)


Komentar ditutup.