Bg

IAIN Surakarta Jalin Kerjasama Dengan University Of The Philippines

Diterbitkan tanggal 1 Desember 2017

SINAR- Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Syamsul Bakri, M.Ag beserta para delegasi IAIN Surakarta melaksanakan kegiatan yang bertajuk “Towards World Class University: Desinging Cooperation between IAIN Surakarta and Institute of Islamic Studies, University of The Phillipines pada Jum’at (01/12) di Romulo Hall, Diliman.

Pada tahap awal, dilakukan inisiasi agar kedua lembaga saling mengenal lebih dalam sehingga dapat menentukan peluang bidang kerjasama yang tepat dalam pendidikan: mempromosikan budaya, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, magang dan pertukaran ilmiah. Inisiasi tersebut diawali dengan presentasi oleh delegasi dari UP, Prof. Macrina. A. Marados, Dekan Institute of Islamic Studies, University of The Philippines. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari delegasi  IAIN Surakarta yang dimoderatori oleh Kepala ISIO, Dr. Aris Widodo, MA, dan dilanjutkan dengan diskusi yang melibatkan seluruh delegasi, diantaranya: Former Dean, Prof. Carmen A. Abubakar; College Secretary, Asst. Prof. Dr. Jamil R. Cayamodin; Wakil Rektor II, Dr. H. Muhammad Munadi, M.Pd; Kabag. Perencanaan dan Keuangan, Dra. Hj. Arina Hasbana, MM; Kasubbag Perencanaan, Tato Priyo Sulistiyono, MM; dan Divisi Partnership ISIO, Muslimah Susilayati, M.Pd.

Inisiasi tersebut menghasilkan kesepakatan kerjasama antara IAIN Surakarta dengan IIS, University of The Philippines untuk melakukan kerjasama pendidikan (Educational Partnership). “I think we are very interested in that. Our faculty can conduct and joint research…..” tutur Prof. Macrina A. Marados ketika menanggapi presentasi dan diskusi. Sementara itu, Dr. H. Syamsul Bakri juga menyambut baik kesepakatan kerjasama tersebut sehingga perlu ditindaklanjuti dengan tukar menukar naskah jurnal, kerjasama penelitian, juga pengabdian kepada masyarakat (mahasiswa IAIN Surakarta dapat KKN di daerah Muslim Community dengan pendamping dari IIS). “Dalam rangka dakwah Islam di Negara ‘Minoritas Muslim’ maka IAIN Surakarta siap memberikan beasiswa bagi mahasiswa baru asal Filipina yang direkomendasikan oleh mitra kita” tambah Wakil Rektor III.

Kesepakatan kerjasama tersebut didokumentasikan dengan penandatangan Minute of Meeting (MOM) dan Letter of Intent in Educational Partnership (LoI) yang berisi detail kesepakatan yang dimaksud. Pada waktu dekat, Dekan IIS siap diundang untuk hadir di Indonesia bersama Rektor UPD untuk menindaklanjuti kesepakatan kerjasama tersebut. Melalui kerjasama yang terjalin, diharapkan dapat meningkatkan mutu akademik IAIN Surakarta menuju World Class University. (Gie/Humas Publikasi) #BanggaIAIN Surakarta.

Sumber release: Muslimah S.

Komentar ditutup.