Bg

IAIN Surakarta Kukuhkan Prof. Dr. Toto Suharto, S. Ag., M. Ag. sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Filsafat Pendidikan Islam

Diterbitkan tanggal 20 Februari 2020

SINAR-Prof. Dr. Toto Suharto, S. Ag., M. Ag. yang menjabat sebagai dekan Fakultas Adab dan Bahasa IAIN Surakarta dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Filsafat Pendidikan Islam dalam acara sidang senat terbuka IAIN Surakarta. Sidang senat terbuka dilaksanakan pada Kamis, 20 Februari 2020 di Gedung Graha IAIN surakarta. Sidang Senat Terbuka ini dihadiri oleh Rektor IAIN Surakarta, Prof. Dr. Mudhofir Abdullah S. Ag., M. Pd. dan jajarannya, para guru besar, ketua senat dan anggotanya, pejabat struktural dan jajarannya, para dekan dan wakil dekan, kaprodi dan sekprodi, semua kolega dosen IAIN Surakarta, dan rektor IAIN salatiga, serta keluarga besar Prof. Toto Suharto.

Agenda pengukuhan yang bertajuk “Remoderasi Pendidikan Islam di Indonesia: Tantangan Ideologis” diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan ayat suci Al-Quran. Acara dilanjutkan dengan pembukaan sidang senat terbuka dan pembacaan SK Guru Besar oleh Sekretaris Senat Hery Setiyatna, M.Pd kemudian dilanjutkan dengan acara inti penyampaian pidato pengukuhan Guru Besar oleh Prof. Toto Suharto.

Dalam pidato pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Filsafat Pendidikan Islam, Prof. Toto Suharto menyampaikan bahwa remoderasi pendidikan Islam dapat dilakukan melalui tiga hal, yaitu: pertama, merumuskan tujuan pendidikan Islam moderat. Kedua, merancang kurikulum pendidikan Islam moderat. Ketiga, menginternalisasikan Islam Moderat dalam kurikulum tersembunyi. Prof. Toto Suharto juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu beliau dalam ketercapaian pengukuhan ini, sambil meneteskan air mata. Suasana sidang senat terbuka menjadi haru seketika.

Acara dilanjutkan dengan pengalungan samir oleh ketua senat, Prof. Dr. H. Nashruddin Baidan. Selanjutnya sambutan oleh Rektor IAIN surakarta, Prof. Dr. Mudhofir Abdullah S. Ag., M. Pd. Dilanjutkan penutupan sidang senat oleh ketua senat, dan pembacaan doa oleh Sukirman M.Ag. Acara ditutup dengan foto bersama dan pemberian selamat pada Prof. Dr. Toto Suharto, S. Ag., M. Ag. yang telah dikukuhkan sebagai guru besar IAIN surakarta. Professor yang telah mendapatkan penghargaan sebagai Dosen Teladan Nasional PTKI 2015 dalam Bidang Studi Islam dari Menteri Agama RI tersebut mempersembahkan pengukuhannya untuk keberhasilan percepatan proses transformasi kelembagaan IAIN Surakarta menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta yang diharapkan bisa segera terealisasikan. Selama menjadi pengajar di IAIN Surakarta, Prof Toto Suharto telah menerbitkan sejumlah buku dan aktif menulis serta menjadi Editor di banyak jurnal ilmiah internasional. Selain memiliki aktivitas di kampus, beliau juga memiliki banyak aktivitas di luar kampus, antara lain Pengurus Satuan Kerja Riset, Kajian Strategis dan Publikasi Ilmiah, Asosiasi Dosen Nahada (ADN) Wilayah Jawa Tengah dan DIY dan Anggota Ittihadu Mudarrisi al-Lughah al-‘Arabiyah (IMLA). (Gie/Humas Publikasi)

Sumber: Sinta Ayu/WM/MSI

Komentar ditutup.