Bg

IAIN Surakarta laksanakan Hari Terakhir Pengenalan Budaya Akademik Kampus

Diterbitkan tanggal 26 September 2020

SINAR- PBAK hari terakhir IAIN Surakarta dilaksanakan pada hari sabtu, 26 september 2020 bertempat di Graha IAIN Surakarta. Acara tersebut diikuti oleh 4.193 mahasiswa baru IAIN Surakarta melalui aplikasi Zoom Meeting dan didampingi oleh 320 mentor pendamping (MP) dimana sebanyak 160 mentor pendamping hadir di lokasi dan 160 mahasiswa pendamping melaksanakan PBAK secara daring dari rumah masing-masing.

Agenda pada hari ini adalah Ormawa Fest dan UKM Fire yang merupakan acara puncak dari PBAK 2020. Ormawa Fest yaitu program pengenalan organisasi mahasiswa yang ada di IAIN Surakarta dimana di tahun ini adalah UKM Fire yang ke delapan. . Dalam Ormawa Fest, masing-masing ketua ormawa akan mempresentasikan ormawanya dilengkapi dengan orasi. Sementara itu dalam UKM Fire, para ketua masing-masing UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan UKK (Unit Kegiatan Khusus) akan mempresentasikan mengenai UKM-nya dan tak lupa dilengkapi pertunjukan masing-masing UKM yang menjadi ciri khasnya.

Tujuan dari agenda ini adalah agar para mahasiswa baru dapat mengenal dan mengetahui apa saja ormawa dan UKM serta UKK yang ada di lingkungan IAIN Surakarta sehingga dapat memberikan gambaran ormawa atau UKM yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Ormawa Fest dimulai pada pukul 08.15 wib sampai dengan pukul 09.30 wib dan dilanjutkan dengan UKM Fire pada pukul 10.10 wib dipandu oleh dua host yang energik yaitu Aliando dan Kiding. UKM Fire kali ini mengusung tema “Bondo Bahu Pikir Lek Perlu Sak Nyawane Pisan” dengan menampilkan 14 UKM dan 4 UKK.

Ke-14 UKM dan 4 UKK tersebut antara lain JQH Al-Wustho, Marching Band, T-Maps, LPM Locus, Sentra, KSR (Korps Suka Rela ), UKMI, MENWA (Resimen Mahasiswa), Bela Diri, Olahraga, Dista FM, Teater Sirat, Racana, LPM Dinamika, Specta, GAS-21, Kopma, dan SRD.
Penampilan pertama diisi oleh UKM JQH Al-Wustho dengan membawakan musik hadrah dan sholawat dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis dari ketua DEMA IAIN Surakarta, Nurul Ahmad kepada Ketua Paguyuban UKM IAIN Surakarta, Faruq Alkhurmaein untuk melaksanakan UKM Fire kali ini. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama yaitu bapak Dr. Syamsul Bakri,S.Ag., M.Ag.

Acara dilanjutkan dengan penampilan UKM Marching Band, T-Maps, Locus dan serangkaian penampilan dari UKM lainnya dan diakhiri dengan penutupan UKM Fire 2020 pada pukul 15.30 wib. Berakhirnya acara UKM Fire menandakan berakhirnya serangkaian acara Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) IAIN Surakarta 2020. Semoga dengan diadakannya PBAK 2020 ini dapat menambah wawasan para mahasiswa baru terkait budaya akademik yang ada di IAIN Surakarta sekaligus menambah kecintaannya pada IAIN Surakarta. (Gie/ Humas Publikasi)

Sumber : Nanik Srisunarni

Komentar ditutup.