Bg

IAIN Surakarta Mengadakan PPL-KKN Integratif

Diterbitkan tanggal 7 Juli 2015

SINAR – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan saresehan persiapan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) integratif, Kamis (2/7) di ruang senat IAIN Surakarta. Kegiatan ini bekerja sama dengan pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Surakarta.

IMG_4079Acara ini mengundang 37 kepala sekolah MTs, MA, SMP dan SMA Islam se-Surakarta dan eks-karesidenan Surakarta (kecuali kabupaten Wonogiri). Menurut Dr. Imam Makruf, M.Pd,Wakil Dekan bidang akademik FITK, saresehan sengaja diadakan untuk menyempurnakan konsep yang telah ada. Konsep tentang percepatan kelulusan studi mahasiswa IAIN Surakarta yang telah tertuang pada proker 2015.

“Konsepnya adalah PPL yang berdurasi dua bulan, bulan petama fokus di sekolah. Minimal mahasiswa mendapatkan lima tatap muka (baca: mengajar) dengan siswa. Bulan kedua, mahasiswa fokus pada kegiatan KKN atau pengabdian masyarakat dan tidak diwajibkan terhadap kegiatan non-teaching di sekolah. Diharapkan pihak sekolah dapat mendampingi mahasiswa saat KKN. Khususnya mendampingi mahasiswa untuk mengenal lokasi, masyarakat, dan problem di masyarakat yang perlu dicari solusinya. Karena sangat dimungkinkan pihak sekolah mempunyai desa atau wilayah binaan yang dapat dijadikan lokasi KKN. Jadi, pada intinya PPL dan KKN berlangsung dalam waktu yang sama,” papar Imam.

PPL dan KKN, keduanya akan ditempuh mahasiswa saat semester 6. Sehingga saat semester 7 dan 8, mahasiswa hanya akan fokus pada penulisan skripsi saja. Konsep itulah yang sekarang sedang dimatangkan dengan semua pihak terkait, agar tujuan akhir untuk merealisasikan percepatan kelulusan mahasiswa IAIN Surakarta dapat segera terwujud. (yin)

Komentar ditutup.