Bg

IAIN Surakarta Miliki Konsorsium Keilmuan

Diterbitkan tanggal 6 Juli 2015

SINAR – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan workshop konsorsium keilmuan di ruang senat kampus setempat, Rabu (1/7).

IMG_4067Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat pengembangan ilmu dan riset, meningkatkan wawasan tentang capaian pengembangan ilmu level nasional dan global, memperluas akses kerjasama dalam pengembangan ilmu dan riset melalui konsorsium ilmu, membentuk kepengurusan konsorsium ilmu IAIN Surakarta, dan merancang program-program ilmu oleh kelompok ilmu keahlian. Demikian penjelasan dari Kepala Pengembangan Standar Mutu, Dr. Raden Lukman Fauroni.

Workshop yang diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari para dosen di lingkungan IAIN Surakarta, menghadirkan Prof. Dr. Sangidu, M.Hum selaku Guru besar Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan materi perluasan akses kerjasama untuk pengembangan ilmu dan Prof. Dr. Usman Abu Bakar, MA sebagai narasumber kedua dengan fokus bahasan pemetaan ilmu di IAIN Surakarta.

Kegiatan yang bertajuk konsorsium keilmuan ini telah membentuk sebuah dewan pakar dan pengurus. Dewan pakar terdiri dari tiga guru besar yang ada di lingkungan IAIN Surakarta, yaitu Prof. Dr. Usman Abu Bakar, MA, Prof. Dr. Nashruddin Baidan, dan Prof. Dr. Rohmat sedangkan pengurus harian diketuai Dr. Ismail Yahya.

“Dengan adanya workshop konsorsium keilmuan yang telah membentuk 19 kelompok keahlian dengan 19 koordinator, sangat diharapkan agar para dosen dapat meningkatkan hasil risetnya. Dan hasil riset tersebut dapat dijadikan sebagai bahan ajar. Selain terbentuk kelompok keahlian, para koordinator pun telah membuat beberapa program kegiatan. Diantaranya diskusi rutin, diskusi silabi, workshop dan riset bersama,” pungkas Lukman Fauroni. (yin)

Komentar ditutup.