Bg

Jajaran Pimpinan Rektorat Visitasi Mahasiswa KKN di Kabupaten Sukoharjo

Diterbitkan tanggal 31 Agustus 2016

SINAR – Segenap jajaran pimpinan Rektorat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta meninjau secara langsung peserta dan perkembangan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di dua Kecamatan di Sukoharjo pada Rabu (31/8).

Adapun yang dilihat dalam visitasi tersebut berkaitan dengan program KKN Pos Daya Berbasis Masjid apakah telah berjalan dengan baik sesuai dengan arahan, atau masih jalan ditempat, demikian disampaikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Dr. Purwanto.

Dari enam kecamatan di Kabupaten Sukoharjo terpilih hanya dua kecamatan saja, yaitu Kecamatan Bendosari di Kelurahan Jombor yang menjadi lokasi visitasi, serta Kecamatan Weru di Desa Karangwuni, tambahnya. Hal ini karena kedua tempat tersebut dinilai terbaik dan layak untuk divisitasi pimpinan.

Kunjungan di lokasi pertama rombongan diterima langsung oleh Kepala Kelurahan Jombor Kecamatan Bendosari. Dalam paparan laporannya Kepala Kelurahan Jombor menjelaskan mengenai perkembangan pelaksanaan program KKN IAIN Surakarta yang mengambil tema Posdaya Berbasis Masjid. Dan setalah kurang lebih dua minggu berjalan, peserta KKN yang bertempat di Kelurahan Jombor telah berhasil mengelola sampah dengan membentuk bank sampah untuk masyarakat sekitar.

Visitasi di lokasi kedua di desa Karangwuni Kecamatan Weru, rombongan di sambut oleh Sekretaris Desa setempat. dan dalam laporannya Sekretaris Desa menjelaskan dihadapan rombongan bahwasannya keberadaan KKN di desa Karangwuni telah memberikan pengetahuan yang sifatnya inovasi yaitu dengan membuat bio gas yang berbahan dasar dari kotoran sapi. Bio gas tersebut nantinya dapat digunakan oleh masyarakat sekitar untuk berbagai macam aktivitas sebagai bahan bakar alternatif pengganti gas elpiji.

Sementara itu Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Abdul Matin bin Salman, Lc., M.Ag., memberikan beberapa arahan kepada seluruh peserta KKN khususnya di lokasi visitasi untuk senantiasa menjaga nama baik almamater dengan terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Apresiasi yang tinggi di berikan dari IAIN Surakarta atas prestasi yang telah dicapai dengan keberhasilan membentuk bank sampah dan membuat bio gas, semoga seluruh peserta KKN di lokasi lain dapat mencontoh dan akhirnya juga dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat. (Gus/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.