Bg

Kapan Pandemi Covid 19 di Indonesia akan berakhir ?

Diterbitkan tanggal 9 April 2020

Oleh : Ahmad Nur Luqman
(Komandan KSR PMI IAIN Surakarta)

Covid 19 atau Corona Virus Disease 19 telah menyebar hampir keseluruh muka bumi, termasuk di Indonesia sendiri yang setiap harinya jumlah korban yang positif semakin bertambah, berdasarkan kompas.com (08/04/2020) update jumlah korban yang positif covid 19 sebanyak 2956 itu berarti bahwasanya virus tersebut memang tidak bisa diremehkan, berkali-kali dari pemerintah sendiri membuat kebijakan-kebijakan yang sekiranya dapat memutuskan mata rantai virus tersebut, usaha dan do’a pun terus dipanjatkan oleh masyakat.

Rasa takut, cemas, khawatir terus terlintas diakal pikiran, lantas kapankah virus tersebut akan berakhir ? atau kapankah covid 19 di Indonesia akan berakhir ? dan bahkan di dunia ini kapan bumi ini bebas dari virus tersebut ? banyak sekali ilmuan-ilmuan dan pakar yang sudah memperkirakan kapan pandemic covid 19 ini bakalan berakhir, seperti halnya dari Badan Intellegent Negara sendiri atau lebih dikenal dengan singkatan BIN sudah memperkirakan bahwasanya puncak adanya covid 19 di Indonesia adalah sekitar tanggal 2 – 22 Mei. Berikut saya akan paparkan beberapa perkiraaan menurut para pakar :

Pakar Statistika UGM dan alumni FMIPA UGM menyampaikan hasil prediksi optimis terkait berakhirnya Covid 19 di Indonesia akan berakhir pada 29 Mei 2020 dengan metode permodelan matematika yaitu Model probabilistic dapat dianalisis bahwasanya dilansir dari liputan6.com diperkirakan jumlah penderitanya memuncak sekitaran tanggal 7 sampai 11 April 2020.

Guru Besar UI, Hasbullah Tabrani memprediksikan akan selesai di bulan Mei dengan catatan masyarakat bisa disiplin masalah menjaga kesehatan, jaga jarak dan tidak ada kontak tatap muka.

Ilmuan Matematika Universitas Sebelas Maret (UNS), Sutanto Sastraredja dengan memprediksi dengan menggunakan model SIQR (Susceptible, Infectan, Quaratain, Recovery) dapat dibuatkan kesimpulan bahwasanya pucak dari pandemi Covid 19 di Indonesia yaitu di bulan Mei dan selesai di bulan Juni. Sumber (uns-update).

Itulah beberapa prediksi yang mungkin dapat dijadikan gambaran kapankah pandemic ini akan segera berakhir, lama atau singkatnya tergantung dari diri kita sendiri-sendiri bisa gak kita mulai saat ini bersikap disiplin : rajin cuci tangan dengan menggunakan sabun, tidak keluar terlebih dahulu kecuali kalau ada urusan mendesak akan tetapi, harus menggunakan masker, rajin berolahraga dan berjemur diantara jam 09.00-10.00, tidak melakukan kontak fisik terlebih dahulu dengan orang lain, tidak mengadakan perkumpulan-perkumpulan dan tentu jangan lupa selalu perbanyak Do’a, Dzikir dan Sholawat agar pandemic covid 19 ini segera berakhir Amin.

Penulis

Ahmad Nur Luqman
Komandan KSR PMI IAIN Surakarta

Komentar ditutup.