Bg

Menulis Merupakan Kecakapan Akademik Tertinggi, Dr. Syamsul Bakri Prakarsai Kelas Cerdas Penelitian Mahasiswa

Diterbitkan tanggal 11 Desember 2016

SINAR – Sebanyak 110 mahasiswa Bidikmisi angkatan 2015 IAIN Surakarta mengikuti rangkaian kegiatan Kelas Cerdas Penelitian pada 5-11 Desember 2016 di IAIN Surakarta dan Hotel Atria Magelang. Kegiatan yang diprakarsai oleh Dr. Syamsul Bakri, M.Ag tersebut memiliki target agar seluruh mahasiswa bidikmisi mampu menulis karya ilmiah dengan baik. Lelaki yang menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Surakarta tersebut berharap tulisan mahasiswa bidikmisi dapat diterbitkan pada e-journal mahasiswa sekaligus stok paper yang siap terbit.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembekalan eksklusif mengenai Penggunaan Bahasa dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah oleh Andi Wicaksono, S.Pd., M.Pd, dan Teknik Penyusunan Karya Tulis Ilmiah oleh Aly Mashar, S.Pd.I., M.Hum. Setelah mendapatkan pembekalan yang cukup, peserta kemudian praktik menyusun karya tulis ilmiah dengan bimbingan fasilitator secara offline dan online.

Rektor IAIN Surakarta, Dr. Mudofir, M.Pd selaku pemateri pertama sekaligus reviewer paper mengharapkan adanya perubahan paradigma mahasiswa bidikmisi dalam melihat dunia setelah mengikuti kegiatan Kelas Cerdas Penelitian. “Mahasiswa harus memiliki semangat, memilih pilihan-pilihan strategis dan memupuk semangat dengan melatih kecakapan menulis, kecakapan komputer, kecakapan bahasa serta kecakapan lainnya seperti kegiatan pada hari ini” imbuhnya.

Sementara itu Dr. Syamsul Bakri, M.Ag sebagai pemateri kedua sekaligus reviewer menyampaikan bahwa menulis merupakan kecakapan akademik yang paling tinggi. Dengan menulis, mahasiswa dilatih untuk menjadi produsen ilmu. “Hasil review paper yang telah ditulis mahasiswa tersebut secara format dan analisisnya telah sesuai kriteria jurnal, judul sudah menarik dan kekinian, hanya perlu memperbaiki sedikit pada masalah kontennya saja, mengingat mereka masih semester 3” demikian yang disampaikannya sebagai konklusi ketika akhir sesi. Hal senada juga disampaikan oleh Hasan Ubaidillah, S.Pd.I., M.Pd.

Kegiatan diakhiri dengan Fun Capacity Building untuk membangkitkan semangat berprestasi, kepercayaan diri dan kesolidan antar peserta mahasiswa bidikmisi angkatan 2015. Melalui kegiatan tersebut, telah tersedia sekitar 110 paper yang layak untuk diterbitkan pada e-journal mahasiswa di IAIN Surakarta maupun perguruan tinggi lain nasional mapun internasional.(Gie/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Sumber: Muslimah

Komentar ditutup.