Bg

Kisah Hari Pertama di Tempat KKN, Membantu Pelantikan Perangkat Desa Hingga Membantu di Tempat Hajatan Warga

Diterbitkan tanggal 6 Juli 2018

SINAR- Bermacam-macam agenda telah disiapkan oleh para peserta Kuliah KErja Nyata (KKN) 2018 IAIN Surakarta. Bermacam-macam pula sekisah hari pertama di tempat KKN, Kamis (5/7).

Seperti halnya tiap keberangkatan menuju tempat KKN pada biasanya, para peserta membawa begitu banyak barang bawaan seperti baju ganti hingga komputer bahkan alat masakpun dibawa. Karena banyaknya agenda yang akan dikerjakan nanti di tempat yang dituju maka persiapan hidup selama satu bulanpun telah direncanakan. Namun ada yang berbeda kali ini dijumpai di KKN Reguler 2018 IAIN Surakarta, beberapa kelompok KKN mengalami kesulitan untuk mencari tempat singgah sementara yang akan digunakan sebagai basecamp. Di beberapa tempat ada yang diantar oleh perangkat desa ke rumah megah dan diminta uang sewa hingga Rp. 3.000.000,- walaupun tak jarang ada yang memberikan tempat tinggal secara gratis. Banyak kisah yang dilalui hanya untuk mencari tempat basecamp KKN.

Setelah mendapat basecamp, para mahasiswa IAIN Surakarta langsung terjun ke masyarakat untuk membantu kegiatan-kegiatan yang ada di wilayah tersebut. Seperti yang dilakukan oleh Kelompok 67-68, mereka membantu dan berpartisipasi dalam Perangkat Desa Ngepungsari, Jatipuro, Karanganyar. Lain halnya dengan Kelompok 67-68, di kelompok KKN Reguler 131-132 Kec.Ngargoyoso, Desa Jatirejo (05/07) langsung terjun untuk membantu sebuah hajatan di dekat basecamp.

Ada pula yang langsung menggelar pengajian bersama ibu-ibu seperti yang dilakukan oleh Kelompok KKN Reguler Tegalgede, Karanganyar, Rabu (4/7). Hal yang sama juga dilakukan oleh Kelompok KKN 115-116 Lempong, Jenawi. Mereka menggelar Pengajian Ibu-Ibu dengan pemateri disampaikan oleh Fithratun Niswah (kelompok 116) dengan judul “Sabar”. Dalam pengajian tersebut ustadzah Fithratun Niswah menyampaikan mengutip perkataan dari Imam Al-Ghozali yang mengatakan bahwa sabar ada 3 macam:
1. Sabar dalam taat (Yaitu sabar dalam beribadah kepada Allah).
2. Sabar dalam maksiat (Yaitu sabar dalam menjauhi maksiat, seperti menahan diri dari ghibah).
3. Sabar dalam musibah (Yaitu sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah SWT).

Mahasiswa KKN IAIN Surakarta telah membuktikan bahwa di hari pertama KKN, mahasiswa diterima baik oleh masyarakat begitu pula mahasiswa juga bisa menyumbangkan tenaga dan fikiran untuk pengembangan dan perubahan masyarakat. (Gie/Humas dan Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.