Bg

KKN IAIN Surakarta, Mahasiswa Buka Bimbel Gratis

Diterbitkan tanggal 4 September 2017

SINAR – Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Surakarta 2017 hingga hari ini, Senin, (04/09) masih berlangsung. Banyak kegiatan yang sudah dilakukan, Salah satu bentuk pengabdiannya adalah membuka bimbingan belajar (Bimbel) bagi anak-anak di desa setempat.

Bimbel yang dilakukan oleh kelompok 39 & 40 ini terletak di Desa Karangtengah, Weru Sukoharjo. Kegitan ini sudah berlangsung sejak Senin, (14/08) hingga berita ini diturunkan, Senin (04/09). Kegiatan pengajaran dimulai hari Senin-Sabtu dengan jadwal dua sesi, yakni sore hari pukul 15.30-17.00 WIB dan malam pukul 18.00-19.30 WIB.

Menurut ketua kelompok Wisnu Bachtiar, setelah penyerahan ke desa, kelompoknya sudah mulai melakukan kegiatannya dalam rangka mengabdi untuk masyarakat. “Salah satu kegiatan yang diadakan adalah bimbingan belajar yang kemudian kami beri nama Sahabat Pintar”, terangnya.

Lebih jauh, dia menambahkan bahwa dalam Bimbel tersebut, yang menjadi sasaran pesertanya adalah para siswa dan siswi SD/MI sederajat. Adapun Mata Pelajaran (Mapel) yang di ajarkan adalah semua mata pelajaran yang di peroleh di bangku sekolah. Kelompoknya memutuskan Bimbel yang memiliki slogan “Fikir dan Amal Sholeh” tersebut gratis, hal ini karena ini sebagai sarana belajar mengabdi di masyarakat. Dimana segala teori pendidikan yang sudah diperoleh dari bangku kuliah dapat disalurkan secara langsung mengajarkannya kepada anak-anak. Harapannya, ilmu yang sudah di ajarkan dapat pula diamalkan  oleh siswa kepada siswa lainnya.

Salah satu staf pengajar Bimbel, Siti Nur Maela, menganggap mengajar merupakan bagian dari tugasnya sebagai mahasiswa akhir. “Kita ketahui bersama bahwa peran mahasiswa adalah sebagai pondasi terkuat dalam kemajuan dan perkembangan bangsa, maka disusunlah suatu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan kewajiban bagi perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Maka dalam momen KKN ini, Bimbel “Sahabat Pintar” adalah merupakan salah satu sarana yang semoga bisa membawa manfaat dan kebaikan untuk pribadi khususnya dan masyarakat luas umumnya” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa setempat Sugeng Darmanto, merasa senang dengan keberadan Bimbel ini karena bermanfaat bagi anak anak di desanya. (Win/Humas dan Publikasi) #BanggaIAINSurakarta.

Komentar ditutup.