Bg

KKN Mandiri Desa Kendel Gelar Pelatihan MC

Diterbitkan tanggal 22 Juli 2019


SINAR- Mahasiswa IAIN Surakarta yang sedang mnegabdi dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri, Desa Kendel, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali menggelar pelatihan MC pada Minggu (21/07) di Masjid Jami’ Glinggang, Kendel, Kemusu, Boyolali. Pelatihan ini mendatangkan pemateri dari MC Soloraya sekaligus dosen Public Speaking IAIN Surakarta yaitu Muhammad Iqbal. Pelatihan ini diikuti 17 orang dari masing-masing perwakilan Karang Taruna.

Pelatihan MC menjadi salah satu program kerja yang diusung oleh kelompok KKN Desa Kendel. Selain itu pelatihan ini merupakan permintaan langsung dari pemuda di desa tersebut. Tujuan diadakannya acara ini juga untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum khususnya bagi pemuda Dusun Glinggang.  Menjadi pambiwara pengantin dan cara pengucapan Bahasa Jawa yang baik dan benar menjadi fokus pada pelatihan ini. Pukul 13.30 WIB acara dimulai dengan pemaparan materi dari narasumber. Kemudian, peserta juga akan diminta untuk mempraktekkan pasrah dan terima pengantin secara acak. Selama pertemuan peserta antusias unutk mempraktekan materi yang telah disampaikan. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan mereka pada acara tersebut.

“Pelatihan ini berjalan sesuai harapan saya sebagai peserta. Manfaat yang didapat memang belum bisa dilihat dan dirasakan untuk saat ini karena, mengingat pelatihan seperti ini tidak cukup hanya satu dua kali. Besar harapannya, untuk kedepan Pak Iqbal masih berkenan untuk mengajari kami disini,’’ jelas Rohmani salah satu peserta pelatihan.

Menurut Muhammad Iqbal sebenarnya warga sudah memiliki kemampuan untuk berbicara Bahasa Jawa. Hanya saja penggunaan diksi disetiap daerah berbeda, adapun harapan pemateri diakhir pelatihan peserta mampu memiliki keberanian berbicara di depan umum. Sehingga ada regenerasi dan tidak hanya bertumpu pada satu dua orang saja untuk berbicara ketika kegaitan desa khususnya penggunaan Bahasa Jawa di Dusun Gliggang ini.

“Harapan kedepan mudah-mudahan selalu terjalin uhkuwah antara mahasiswa yang KKN di sini dengan warga. Tidak hanya terputus ketika program KKN selesai saja, semoga silaturahmi tetap terjalin. Saya yakin, mahasiswa KKN mampu mewujudkan program-program bagi kemajuan desa sini, khususnya untuk memujudkan Tri Dharma perguruan tinggi” tutur Muhammad Iqbal ketika menyampaikan harapannya untuk kelompok KKN Desa Kendel.

Pelatihan MC akan dilaksanakan kembali pada Hari Kamis (25/07) ditempat dan pemateri yang sama. Materi selanjutnya akan membahas mengenai bagaimana berbicara dalam pengajian maupun sambutan-sambutan. Mengingat di Desa Kendel, lebih banyak acara-acara pengajian tinimbang acara lainnya. (JnR/Humas Publikasi)

Sumber: Alda/Umi

Komentar ditutup.