Bg

KKN Mandiri IAIN Surakarta Adakan Pelatihan Pembuatan Karak Sehat di Gunung Kidul

Diterbitkan tanggal 25 Juli 2018

SINAR- Kuliah Kerja Nyata (KKN) mandiri Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta yang berlokasi di desa Tileng, Girisubo, Gunung Kidul mengadakan beberapa kegiatan berbasis riset yang dapat memberi dampak positif kepada masyarakat pada Rabu (25/7). Acara yang dilaksanakan di Joglo Balai Desa Tileng tersebut dibuka langsung oleh Sekertaris Desa Tileng Edi, beliau menyambut baik acara tersebut, harapanya dengan adanya pelatihan ini mampu membuka dan memberikan inovasi bagi warga Tileng dan sekitarnya, ujar beliau.

Acara yang dihadiri juga oleh kader-kader ibu PKK serta ibu-ibu di desa Ngringin dan Ploso ini diawali dengan pengenalan bahan dan alat untuk membuat karak sehat tanpa boraks. Keunggulan dari prodak tersebut adalah tahan lama dan alami tanpa bahan pengawet yang membahayakan kesehatan.

Warimin salah seorang warga Tileng menuturkan permasalahan yang paling mendasar disini yaitu mengenai persoalan kesulitan mendapatkan sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama saat terjadi musim kemarau panjang, sehingga kami harus membeli air dengan harga 120 ribu tiap tangki. Adanya fenomena tersebut juga membuat banyak warga yang tidak dapat bekerja mengolah ladang karna kekurangan air untuk bercocok tanam, dengan adanya pelatihan ini membuka wawasan bagi kami untuk memperoleh alternatif pendapatan lain di musim kemarau, ungkapnya.

Selain itu juga diajarkan cara pemanfaatan internet baik dengan sasaran anak remaja setempat yang dimaksudkan untuk memberi edukasi cara pengelolaan penggunaan internet yang produktif agar tidak tejebak dalam pusaran berita-berita hoax yang menyesatkan dan juga sebagai alternatif marketing produk karak sehat secara online. (Zat/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Sumber: Shahnaz, Fauzi Nb

Komentar ditutup.