Bg

KMD 2017 IAIN Surakarta Dibuka langsung Oleh Wakil Bupati Sukoharjo

Diterbitkan tanggal 8 Mei 2017

SINAR- Ka.Kwarcab Sukoharjo, Purwadi, S.E., M.M secara resmi membuka kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang diselenggarakan oleh Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Senin (8/5).

Dalam sambutan di Gedung Auditorium IAIN Surakarta, pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Sukoharjo tersebut mengatakan bahwa pramuka adalah sebuah wadah untuk mempersiapkan diri dalam pembentukan karakter kaum muda. Untuk itu KMD memiliki nilai strategis dalam proses perubahan tingkah laku bagi peserta didik di kemudian hari. “Selain ilmu dan pengalaman dasar-dasar kepramukaan KMD ini juga berfungsi untuk membentuk pembina pramuka yang profesional dan berdedikasi tinggi”, katanya.

Sedangkan di sisi lain acara semacam ini mendapat apresiasi yang tinggi oleh Dr. Syamsul Bakri, M.Ag selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Dr. Syamsul Bakri mengatakan Pramuka itu mempunya cirri khas yaitu bukan hanya pengembangan keilmuan namun juga ilmu terapan yang dimanifestasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter yang diterapkan ini adalah suatu proses perubahan diri menuju manusia yang punya karakter, disiplin dan loyalitas terhadap bangsanya”, kata dia.

Bukan hanya dari mahasiswa IAIN Surakarta, peserta KMD Racana Raden Mas Said-Nyi Ageng Serang Tahun 2017 ini juga diikuti oleh berbagai institusi dan perguruan tinggi lainnya seperti Saka Bhayangkara Surakarta, mahasiswa UIN Walisongo, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Guru-guru dari berbagai tingkatan sekolah.

Di akhir acara pembukaan beberapa pesan dari Ka. Kwarcab adalah untuk menjaga solidaritas, menajga keutuhan bangsa. Semoga kegiatan ini dapat memotivasi diri agar dapat menularkan nilai-nilai positif dan kemandirian kepada peserta didik nantinya. (Gie/Humas dan Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.