Bg

KOMPAS (Kompetisi PBB Antara Sekolah) HARDIKNAS ke-4 VIRTUAL 2020 Se-Eks Karesidenan Surakarta

Diterbitkan tanggal 6 September 2020

SINAR- Minggu, (6/11), telah terlaksana kegiatan KOMPAS HARDIKNAS ke-4 VIRTUAL. Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan Resimen Mahasiswa Mahadipa Batalyon 957 Putra Menjangan IAIN Surakarta. Kompetisi PBB ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 Mei 2020. Dikarenakan masih susana pandemi covid-19 dan berdasarkan surat edaran Rektorat, maka pelaksanaan KOMPAS di tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu dilaksanakan secara virtual atau online. Kegiatan ini mengambil tema “Satu Langkah Satu Jiwa Menuju Generasi Emas”, yang bermakna dengan adanya persatuan dan kesatuan yang erat dapat membawa hasil yang lebih maju dan lebih baik. Tujuan diadakannya kegiatan ini tentunya untuk memperkenalkan Menwa IAIN Surakarta kepada masyarakat umum, khususnya siswa SMK/SMA/MA sederajat. Disisi lain secara tidak langsung Kampus IAIN Surakarta bisa lebih dikenal oleh masyarakat umum.

Meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara virtual atau online, namun dalam pelaksanaan tetap menjaga protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker, menggunakan handzanitize, dan juga jaga jarak.
Perlombaan ini memperebutkan 18 piala dan 1 piala bergilir, untuk peserta lomba sebanyak 17 tim dari 14 sekolah, terdapat dua sekolah yang mengirimkan dua tim sekaligus dengan anggota tim yang bebeda.

Lomba ini dilaksanakan untuk siswa-siswi tingkat SMK/SMA/ MA Sederajat Se-Eks Karesidenan Surakarta, seperti Boyolali, Sukoharjo, Kartasura, Klaten dan lainnya. Sedangkan untuk Dewan Juri sebanyak 3 personil dari 2 Instansi, yaitu ada Serda Odang Iskandar dan Serka Supargiyanto dari Koramil Kartasura, beserta Sertu M. Arif Setiawan dari Yon 23 Grub II Kopasus. Sebelum penilaian vidio lomba dimulai, tak lupa dilaksanakan upacara sebagai tanda bahwa kegiatan telah dibuka dan akan dilaksanakan.

Perlombaan dilaksanakan secara virtual atau online dengan teknis setiap peserta yang mendaftar mengirimkan vidio PBB variasi tim terbaik mereka melalui email Menwa. Mulai dari tanggal 6 sampai 23 Agustus 2020 pendaftaran dibuka sekaligus pengisian berkas pendaftaran melalui google form. Pengumpulan vidio maksimal pada tanggal 1 September 2020, setelah semua terkumpul selanjutnya video diupload di Instagram Menwa yaitu @menwaiainsolo agar semua peserta dapat menyaksiskan vidio PBB Variasi yang dilombakan. Vidio peserta yang banyak mendapatkan like akan dikategorikan sebagai juara tim favorit. Vidio yang dikirim selanjutnya ditayangkan dan disaksikan bersama yang bertempat di Aula PPG IAIN Surakarta, kemudian Dewan Juri menilai vidio tersebut sesuai dengan ketentuan pada Petunjuk Teknis.

Pada tanggal 6 September 2020 penilaian video dilaksanakan, pada hari itu juga pemenang lomba akan diumumkan setelah rekapan nilai selesai. Agar semua peserta dapat menyaksikan prosesi penilaian lomba, pihak panitia juga melaksankan siaran langsung di Instagram sehingga transparansi penilaian tetap terjaga meskipun dari pihak peserta tidak datang langsung untuk menyaksikan proses penilaian. Setelah penilaian selesai, selanjutnya nilai direkap dan tibalah saatnya penentuan pemenangnya.

Pengumunan juara langsung disampaikan oleh host acara, diantaranya yaitu juara umum diraih oleh SMA N 1 Kartasura, juara utama 1 dari SMA N 1 Wonosegoro, juara utama 2 dari SMA N 1 Kartasura, juara utama 3 dari SMK Muh 2 Andong tim A, juara harapan 1 dari SMK 1 Sukoharjo, juara harapan 2 dari SMK N 1 Sawit Boyolali, juara harapan 3 dari SMA N 3 Klaten, selanjutnya juara bina 1 dari SMK N 3 Sukoharjo, juara bina 2 dari SMA N 1 Mojolaban, dan juara bina 3 dari SMK Muh 3 Klaten Utara, sedangkan juara PBB diantaranya adalah juara 1 dari SMA N 1 Wonosegoro tim A, juara 2 dari SMA N 1 Kartasura, juara 3 SMK Muh 2 Andong tim A, juara best variasi antara lain juara 1 dari SMK Muh 2 Andong tim A, juara 2 dari SMK N 1 sawit, juara 3 SMA N 3 Klaten, untuk juara best danton dari SMK Muh 3 Klaten Utara, sedangkan juara like vidio IG dari SMA N 1 Wonosegoro tim B, terakhir best kostum diraih oleh SMK Muh 2 Andong tim A. Setelah pengumuman, kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan. (Gie/ Humas Publikasi)

Sumber: UKK Menwa Sat-957 IAIN Surakarta

Komentar ditutup.